= Jamaah Dari Berbagai Daerah Padati Masjid Istiqlal Untuk Salat Tarawih Bersama - Nuansa Metro

Jamaah Dari Berbagai Daerah Padati Masjid Istiqlal Untuk Salat Tarawih Bersama



Foto : Jamaah saat salat tarawih

Nuansametro.co.id - Jakarta
Salat Tarawih malam pertama puasa Ramadhan 1444 H di Masjid Istiqlal Jakarta dipenuhi jamaah yang datang dari berbagai wilayah di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.
 
"Saya bersama keluarga sebelumnya pernah salat di sini. Malam pertama sholat tarawih saat ini juga, kami ingin salat tarawih di masjid Istiqlal ini,"  ucap Dedi (40), warga asal Bekasi yang ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/3) malam.
 
Tidak hanya warga Bekasi, warga dari daerah yang lain pun juga hadir dalam salat Tarawih perdana di Masjid Istiqlal. Seperti Ningsih (34), warga asal Cakung yang baru pertama kali mengikuti ibadah Salat Tarawih di masjid yang terletak di Jakarta Pusat tersebut.
 
Pada Salat Tarawih perdana jamaah memenuhi ruang ibadah hingga lantai dua masjid. Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. 
 
Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar dalam konferensi pers menyatakan, pihaknya siap menggelar ibadah Salat Tarawih perdana.
 
"Masjid Istiqlal sudah siap untuk menampung seperti sediakala sebelum pandemi Covid-19, kita tidak membatasi,"  tutur Nasaruddin.

Nasaruddin mengatakan, bahwa Masjid Istiqlal memiliki kapasitas 250 ribu jamaah, namun untuk sementara hanya 150 ribu yang dapat digunakan sambil melihat situasi dan kondisi ke depan.

"Kapasitas masjid 250 ribu. Tahun ini kita akan berusaha membuka 150 ribu, sisanya yang 100 ribu di selasar belum akan kita gunakan, tapi jika kondisi memungkinkan nanti akan kita gunakan bahkan hingga ke lantai lima," jelasnya.
 
Selain itu, sejumlah persiapan keamanan dan fasilitas juga telah disiapkan oleh pihak Masjid Istiqlal dalam menyelenggarakan Salat Tarawih.
 
"Kami menyiapkan gerbang Al-Fattah untuk jamaah laki-laki serta Al-Qudduus untuk jamaah perempuan. Gerbang As-Salaam juga kita buka partisinya, jadi jamaah tidak perlu memutar," kata Ketua Panitia Ramadhan 1444 H Masjid Istiqlal, Bukhori.
 
Salat Tarawih perdana Ramadhan 1444 H di Masjid Istiqlal dipimpin oleh Imam Al-Hafidz Mudzakkir serta Khotib Nasaruddin Umar berlangsung dengan khidmat dan lancar.

• zul