= Outing Class, Taman Kanak - Kanak Perdana Kunjungi Markas Pemadam Kebakaran Sektor Kalideres - Nuansa Metro

Outing Class, Taman Kanak - Kanak Perdana Kunjungi Markas Pemadam Kebakaran Sektor Kalideres



www.nuansametro.co.id - Jakarta
Belasan siswa TK Perdana kelurahan Kamal melaksanakan kegiatan belajar Outing Class dengan mengunjungi markas Petugas Pemadam Kebakaran sektor kalideres berlokasi di Jalan Perumahan Citra 5 Blok C No.10 RT.8/RW.10,Kelurahan kamal Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta, Kamis (2/2).

Kegiatan ini didampingi 4 orang guru dan Kepala TK serta turut hadir wali murid dimulai pukul 09.00 WIB dengan agenda perkenalan bersama dan para siswa dikenalkan berbagai tugas dan tanggungjawab seorang pemadam, berbagai macam peralatan pemadam kebakaran, kendaraan yang digunakan dan mencoba menjadi seorang pemadam kebakaran cilik.

Menurut Subariah selaku Kepala sekolah TK Perdana tujuan kegiatan ini merupakan salah satu upaya melatih kemandirian anak dan adanya kepercayaan orang tua terhadap pihak sekolah. 

Anak-anak berangkat bersama dari sekolah jam 08.00 Wib dengan menggunakan kendaraan masing - masing menuju markas pemadam kebakaran sektor 8 Kalideres.

"Tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk mengenalkan salah satu profesi/pekerjaan, mengetahui jenis kendaraan, alat-alat yang digunakan dan manfaatnya,"  jelas Subariah 

Hal senada di katakan Endra. S selaku Komandan Kompi B pemadam kebakaran sektor 8 Kalideres, kegiatan ini dalam rangka mengenalkan tugas tugas Pemadam Kebakaran, selain memadamkan api kebakaran juga bisa menolong korban banjir dan lainnya. 

"Kegiatan ini tentunya sangat penting bagi anak-anak untuk mengetahui sejak awal atau dini berkaitan kinerja petugas Damkar dalam memadamkan api saat terjadi musibah kebakaran" kata Endra

Tiba di Markas Damkar siswa disambut hangat oleh para petugas Damkar, Irwan Muhrojwan seorang petugas Damkar memberikan pengetahuan beragam alat alat Damkar yang  di miliki oleh pemadam kebakaran dan  digunakan oleh petugas Damkar saat bertugas memadamkan api.

Menurutnya, tabung Pemadam Portable berfungsi untuk memadamkan api/kebakaran yang bersumber dari api atau asap kecil Fire Hydrant System
Berfungsi untuk memadamkan api/kebakaran di gedung atau bangunan besar Pompa Hydrant berfungsi untuk memompa sumber air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran atau api.

Selang Hydrant/Fire Hose
berfungsi untuk menyalurkan air ke sumber api yang di dukung oleh tekanan dari pompa hydrant.

Nozzel berfungsi sebagai pegangan bagi petugas pemadam kebakaran yang berada di ujung selang dan di ujung keluarnya air.

Coupling berfungsi sebagai pengikat selang dengan output pompa dan pengikat di ujung selang dengan pegangan nozzel.

Hydrant Pilar berfungsi sebagai output pompa hydrant yang di sambungkan dengan selang hydrant untuk menyalurkan air ke sumber api.

Box Hydrant berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan hydrant seperti selang, nozzel, dan sebagai tempat output pompa di dalam gedung maupun di luar gedung.

Valve berfungsi untuk membuka dan menutup saluran air bila pompa telah di hidupkan atau di matikan.

Hose Reel berfungsi sebagai tempat menggulung selang pemadam/fire hose didalam box hydrant serta Tongkat penjepit ular.

Para siswa antusias dan kelihatan gembira selama mengikuti kegiatan, apalagi disaat mereka diajak berkeliling sejenak menggunakan mobil Damkar dan duduk diatas mobil.

Suasana bertambah riuh saat Hambali seorang petugas Damkar memperagakan cara memadamkan api lalu air keluar dari selang dilepaskan ke udara dan para siswa terguyur oleh air tersebut.

Kegiatan berjalan aman dan lancar,jika terjadi kebakaran masyarakat dapat menghubungi Hotline  Pemadam Kebakaran Sektor Kalideres lewat telepon menggunakan nomor (021) 5553474.

•  Sar