= 'Mapag Siswa Pagi Hari' Program Unggulan SMAN 1 Rawamerta Untuk Membentuk Karakter Siswa-Siswi - Nuansa Metro

'Mapag Siswa Pagi Hari' Program Unggulan SMAN 1 Rawamerta Untuk Membentuk Karakter Siswa-Siswi



www.nuansametro.co.id - Karawang, Guna membentuk dan membangun siswa siswi yang berjiwa dan berbudi pekerti serta mempunyai kepribadian yang baik, disiplin dan bertanggung jawab, SMAN 1 Rawamerta Kabupaten Karawang menerapkan metode peraturan dan pembelajaran yang lebih optimal bagi siswa dan siswi di lingkungan Sekolah tersebut.

Sekolah adalah salah satu tempat belajar dan menimba ilmu bagi para siswa untuk mendapatkan pengajaran di bawah pengawasan guru, guna membentuk dan membangun jiwa yang berbudi pekerti serta mempunyai kepribadian yang baik, disiplin dan bertanggung jawab.

Omat Iskandar selaku humas di sekolah SMAN 1 Rawamerta saat di konfirmasi jurnalis nuansametro.co.id mengatakan, jika membahas hal tersebut karena memang saat ini sudah menjelang PPDB yang sudah tinggal beberapa bulan lagi. Tentu perlu sinergitas dan kerjasama dengan berbagai pihak, untuk memenuhi kuota yang di targetkan agar 12 ruangan kelas yang ada bisa terpenuhi.

Selain hal itu SMAN 1 Rawamerta juga menerapkan program unggulan yang mungkin belum ada di sekolah lain. 

Lebih lanjut Rohmat juga mengungkapkan, bahwa SMAN 1 Rawamerta mempunyai program unggulan, yang pertama 'Mapag Siswa Pagi Hari'. Mapag siswa pagi hari yang di maksud adalah, dimana dari mulai Kepala Sekolah dan guru - guru yang ada di SMAN 1 Rawamerta Karawang ini datang lebih pagi dan lebih awal ke sekolah, untuk menyambut siswa dan siswi dengan bersalaman.

Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi kepada seluruh siswa dan siswi, agar selalu datang tepat waktu ke sekolah sebelum waktu masuk jam pelajaran.

Dan yang kedua, bahwa SMAN 1 Rawamerta Karawang juga merupakan salah satu sekolah Adiwiyata yang di tunjuk oleh pemerintah sebagai sekolah yang berbasis lingkungan. 

Selain itu menurut Omat, di SMAN 1 Rawamerta Karawang juga sudah membuka program Bursa Kerja Khusus (BKK), yang sudah bekerjasama dengan perusahaan - perusahaan besar yang ada di Karawang. 

"Untuk alumni - alumni yang berminat ingin bekerja, tidak menutup kemungkinan BKK SMAN 1 Rawamerta juga menerima alumni - alumni dari sekolah lain yang memang berminat ingin bekerja melalui BKK di sini,"  ujarnya.

Di singgung perihal infrastruktur dan fasilitas di sekolah tersebut Rohmat menjelaskan, terkait dengan infrastruktur dan fasilitas yang ada di lingkungan sekolah ini  pihaknya juga akan lebih di tingkatkan lagi.

Sementara itu menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Rawamerta Karawang Saeful mengatakan, perihal untuk mencapai target PPDB seperti yang sudah di lakukan pada tahun kemarin.

Di tahun sekarangpun pihaknya sudah menyusun tim untuk melakukan sosialisasi dan Road show ke sekolah - sekolah tingkat pertama yakni SMP dan MTS, untuk menyampaikan program - program sekolah yang ada di SMAN 1 Rawamerta Karawang ini kepada siswa kelas IX, salah satunya ya itu tadi program 'Mapag Siswa Pagi Hari'. 

Selain itu untuk program yang lain adalah Jum'at Sehat dan Jum'at mengaji secara berganti.

Adapun tujuannya dari Jum'at sehat itu adalah bahwa dalam setiap hari Jum'at kita lakukan senam atau olah raga secara bersama - sama antara guru dan murid. Dan di Jum'at berikutnya  adalah Jum'at mengaji, tujuannya agar murid secara nuansa religinya lebih kuat untuk membentuk karakternya.

"Saya berharap semoga dengan di terapkannya program - program yang ada di SMAN 1 Rawamerta ini bisa menjadikan sekolah ini bisa lebih maju dan dan berkembang lagi,"  tutupnya.

•  Asep Supriyatna