= Komisi IV DPRD Karawang Desak Pemda Bangun Puskesmas Tambahan Dengan Fasilitas Rawat Inap - Nuansa Metro

Komisi IV DPRD Karawang Desak Pemda Bangun Puskesmas Tambahan Dengan Fasilitas Rawat Inap




illustrasi gedung puskesmas (net)

www.nuansametro.co.id - Karawang 
Banyaknya Puskesmas di kabupaten Karawang, yang saat ini belum memenuhi jumlah ideal berdasarkan jumlah masyarakat. Komisi IV DPRD Karawang mendorong pemerintah daerah untuk membangun 30 Puskesmas baru.

Anggota Komisi IV DPRD, Indriyani, M.H., mengungkapkan, saat ini jumlah penduduk Karawang sekira 2,4 juta jiwa. Dengan rasio 30 ribu jiwa yang mampu dilayani per Puskesmas, maka Kabupaten Karawang membutuhkan 80 Puskesmas.

“Yang sudah ada saat ini baru 50 Puskesmas, sehingga masih kurang 30 Puskesmas lagi,” ujar Indriyani, pada Senin (9/1/2023).

Dia menuturkan, dari 50 Puskesmas yang sudah ada pun masih ada 11 Puskesmas lagi yang belum memiliki fasilitas rawat inap.

“Dari 50 Puskesmas yang sudah ada, masih ada 11 Puskesmas lagi belum memiliki fasilitas rawat inap. Saya harap segera Pemda Karawang melengkapi fasilitas tersebut di seluruh Puskesmas, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa dioptimalkan,” ungkapnya.

Lenih lanjut Indriyani mengatakan, status tanahnya pun yang menjadi lokasi bangunan Puskesmas belum semuanya dilengkapi dengan sertifikat.

“Yang sudah sertifikat baru 18 Puskesmas, AJB 7 Puskesmas, Hibah 9 Puskesmas dan 15 Puskesmas hanya dengan Surat Keterangan Desa,”terangnya.

Belum lagi masih ada Puskesmas yang mengalami kerusakan bangunan sehingga perlu perbaikan, yaitu Puskesmas Jatisari, Karawang Kulon, Nagasari, Tempuran, Wadas dan Wanakerta.

“Pemda juga punya PR untuk perbaikan bangunan 6 Puskesmas yang saat ini mengalami kerusakan, saya harap bisa secepatnya PR-PR tersebut diselesaikan oleh pemerintah daerah,” Tandasnya.

•  Fan