= Cegah Penyebaran TBC, Kemenkes Melalui Dinkes DKI Jakarta Menggelar Layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY - Nuansa Metro

Cegah Penyebaran TBC, Kemenkes Melalui Dinkes DKI Jakarta Menggelar Layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY



Foto : Lurah Kamal M. Iqbal Rahman Tahir Siregar STP saat monitoring layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY di Halaman Kantor Kelurahan Kamal

www.nuansametro.co.id - Jakarta
Cegah Penyebaran TBC, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Kolaborasi dengan Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres, Kota Administrasi Jakarta Barat menghadirkan layanan Skrining Tuberculosis Melalui Mobile X - RAY, Selasa, (17/2/2023) Pagi. 

Layanan Skrining Tuberculosis ini akan dimulai pada pukul. 08.30 WIB sampai dengan pukul.15.00 WIB, sesuai agenda kolaborasi ini akan berlangsung di kecamatan Kalideres pada 2 kelurahan diantaranya kelurahan Kamal dan kelurahan Semanan.

Diketahui, penyandang diabetes berpotensi tinggi juga mengidap penyakit TBC, hal inilah yang ditanggulangi sedini mungkin oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat bekerjasama dengan pihak kelurahan - kelurahan di kecamatan kalideres kota administrasi Jakarta Barat.

Kepada Jurnalis nuansametro.co.id, Naman Setiawan, S.Sos, M.Si selaku Camat Kalideres  mengatakan, bahwa dirinya mengapresiasi pihak puskesmas yang mengadakan kegiatan ini, berarti upaya untuk mendeteksi secara dini  penyakit TBC sedang dilakukan terhadap orang yang memang terindikasi mengidap maupun orang yang punya kontak erat terhadap penderita tuberculosis.

Skrining dimaksudkan untuk mendeteksi itu sehingga dapat diketahui apakah orang tersebut terserang atau tidak.

Naman Setiawan menambahkan, dirinya berharap kepada warga masyarakat agar bisa mendatangi tempat - tempat skrining TB dengan penuh kesadaran. Semakin cepat terdeteksi semakin cepat langkah kebijakan yang akan diturunkan untuk penanganan kasus TB, semakin cepat indonesia terbebas dari penyakit TBC.

Hal senada disampaikan M.Iqbal Rahman Tahir Siregar STP, bagi masyarakat yang berkontak langsung dengan pasien TBC, agar datang ke kelurahan Kamal untuk lakukan Skrining atau Medical Chek Up khusus TBC. 

"PPSU disini diperbantukan dan siap mengantarkan kepada mereka ( Masyarakat) yang diduga menderita gejala TBC untuk berobat ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit jika dinyatakan positif TB,"  ujarnya.

Masyarakat juga diingatkan, agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dengan cara memisahkan alat - alat makannya jika diantara salah satu keluarga dinyatakan positif TB.

Iqbal juga memberikan saran agar sering - sering berjemur ditempat panas, agar bakteri cepat punah (mati) dan tubuh segera pulih.

Pantauan Jurnalis di lokasi, terlihat antusias warga yang datang hendak mengikuti Skrining Tuberculosis melalui Mobile X- RAY nampak banyak, warga yang datang dari berbagai RT di kelurahan Kamal.

Salah seorang warga bernama Saprudin (55) Warga RT. 04/04 Kelurahan kamal mengungkapkan rasa senang atas diadakannya Layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY ini

Menurutnya layanan ini sangat bagus membantu sekali, kalo mau ngecek gula darah disini bisa tanpa harus ke rumah sakit, karena kalo dirumah sakit antri dan prosesnya agak lama, sementara disini layanannya cepat karena para kader ikut membantu tenaga kesehatan disini. 

"Saya merasa senang atas diadakan nya Layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY ini, menurut saya ini sangat bagus membantu sekali. Kalo mau ngecek gula darah disini juga bisa"  ucap Saprudin.

Sama hal nya dengan Saprudin, Putri (22) warga RT. 03/02, dia mengungkapkan rasa senangnya atas diadakannya Layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY ini.

Putri mengetahui adanya layanan Skrining Tuberculasis Melalui Mobile X-RAY ini dari Kader Sehat Jumantik

Dewi Hapsari selaku PIC (Person in Charge) saat dijumpai oleh Jurnalis Nuansa Metro menjelaskan, misi diadakannya Layanan Skrining Tuberculasis  Mobile X - Ray ini adalah karena pemerintah menginginkan agar Indonesia bebas TBC di tahun 2030. 

"Kita mengingatkan kepada masyarakat jika ada diantara anggota keluarga mereka divonis positif TB, maka segeralah lakukan pengecekan melalui skrining, guna mengetahui serta mendeteksi apakah anggota keluarga yang kontak langsung dengan pasien TB tertular atau tidak. Target dari layanan skrining ini adalah 200 pengunjung. Semoga hari ini tercapai sesuai target,"  ungkap Dewi.

Dewi juga menghimbau kepada masyarakat kelurahan Kamal khususnya dan yang ada di kecamatan Kalideres, bisa ikut menyukseskan program pemerintah ini, khususnya skrining TB yang diadakan oleh Kementrian kesehatan agar Indonesia terbebas dari TBC tahun 2030.

Pihaknya sebagai PIC dari Tirta Medical Centre, klinik rekanan yang ditunjuk oleh kementrian kesehatan dalam program skrining TBC di wilayah Jakarta Barat. 

Hingga berita ini ditayangkan antusiasme masyarakat  jelang siang semakin bertambah, artinya masyarakat Kamal menginginkan kehidupan yang lebih sehat. 

•  Zul