= Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman Bekerjasama Dengan PT. PSI Laksanakan Panen Raya Padi Kualitas Unggul - Nuansa Metro

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman Bekerjasama Dengan PT. PSI Laksanakan Panen Raya Padi Kualitas Unggul



www.nuansametro.co.id - Karawang
Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, SE, MM bersama PT. Padi Sehat Indonesia lakukan percontohan panen raya kualitas unggul serta mengajak masyarakat Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok Karawang, khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan program ketahanan pangan khususnya ketahanan pangan dan penanganan stunting di indonesia, Senin (12/12/2022).

Jenderal TNI Dudung Abdurahman sendiri mendukung penuh terhadap program ketahanan pangan yang di canangkan pemerintah dengan menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional untuk mewujudkan swasembada pangan. 

Dukungan tersebut dilakukanya dengan cara bekerjasama dengan pengusaha - pengusaha yang bergerak di bidang pertanian, di antaranya adalah dengan pihak PT. Padi Sehat Indonesia. 

Pada kesempatan kali ini KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurahman mengungkapkan, kegiatan panen raya padi bersama ini menggambarkan adanya peran serta TNI AD dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan produksi pangan khususnya padi.

"Dalam hal ini TNI AD turun gunung membantu pemerintah daerah tapi bukan berarti berperan langsung, karena kita juga tidak mampu untuk berperan langsung sehingga kita disini hanya membantu pemerintah daerah, yakni bupati dan seluruh jajarannya pasalnya TNI AD tidak punya keahlian untuk hal itu, jadi disini kita hanya membantu dinas pertanian dan kita juga bekerjasama dengan para pengusaha - pengusaha,"  ungkap Jenderal Dudung.

Selain itu KASAD Jendral TNI Dudung Abdurahman juga menerangkan tentang benih padi AR 600, menurutnya, jika di kembangkan dalam volume luas 1 Hektare itu hasilnya bisa mencapai 20 ton.

"Ini sistemnya hanya untuk satu kali tanam saja. Kemudian berikutnya nanti benihnya langsung muncul secara otomatis,"  jelasnya.

Lebih lanjut, Jenderal Dudung juga menerangkan, sebagai bahan uji coba sebagai demplop saat ini untuk sementara. Selanjutnya akan dikembangkan sekitar 6 Hektare untuk penyaluran ekspor di karawang.

"Kenapa saya bilang di Karawang selain sebagai lumbung padi, tanah pertanian dan pasokan airnya juga di Karawang ini cukup mendukung, sebagai percontohan. Mudah - mudahan jika ini bisa berhasil bisa menjadi pedoman bagi masyarakat untuk menanam jenis padi seperti ini dengan harga relatif murah, akan tetapi hasil yang sangat memuaskan,"  Tutupnya.


• Asep Supriatna