= Dinsos Provinsi Sumatera Utara dan Pemko Medan Peduli Terhadap Masyarakat Yang Hidupnya Terlantar di Jalan - Nuansa Metro

Dinsos Provinsi Sumatera Utara dan Pemko Medan Peduli Terhadap Masyarakat Yang Hidupnya Terlantar di Jalan



www.nuansametro.co.id - Labuhan 
Berhasil membuat Kampung Kandang Lembu menjadi Kawasan Bebas Narkoba, selanjutnya kegiatan tiga pilar Kelurahan Pekan Labuhan beserta dukungan Kecamatan Medan Labuhan berkolaborasi dengan Dinsos Provinsi Sumatera Utara dan Dinsos Pemko Medan untuk menampung warga-warga yang tidak punya penghasilan tetap ataupun tempat tinggal, 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Kelurahan Pekan Labuhan itu, Jumat (30/09/2022) Sekitar Pukul 13.30 WIB, dihadiri oleh Muhammad Andry selaku KUPT Gepeng Binjai Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Yudi selaku KTU Gepeng Binjai Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, Ucok Hutagalung selaku anggota URC Dinas Sosial Pemko Medan, Camat Medan Labuhan Indra Utama, Lurah Pekan Labuhan Anto Saputra, Kasi Trantib Kelurahan Pekan Labuhan Yogi FW, dan Segenap Kepling, serta Babinkantibmas Aiptu Syukri Mahyudi

Mengawali pembukaan pembicaraan kegiatan, Lurah Pekan Labuhan Anto Saputra mengatakan, berdasarkan Babinkantibmas Aiptu Syukri dan kepling bahwasanya warganya ini, kita antarkan ke Dinas Sosial Propinsi untuk mereka bercocok tanam. 

"Jadi kebetulan warga kita ini tidak memiliki tempat tinggal ataupun menumpang di tempat saudara saudara nya. Jadi atas inisiasi semua saling koordinasi bahwasanya ada di Binjai untuk menampung warga warga kita yang tidak punya penghasilan ataupun tempat tinggal"  Ujarnya.

Berikutnya, arahan menurut Muhammad Andry selaku KUPT Gepeng Binjai Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara menjelaskan bahwa mereka di sana melaksanakan pembinaan kepada masyarakat, khususnya kriteria itu yang tidak memiliki tempat tinggal tidak memiliki pekerjaan tetap dan juga keluarga yang ada tidak bisa membantu atau menopang kehidupan mereka. 

"Itulah kriterianya. Dan juga kepada masyarakat yang hidup nya terlantar di jalan. Atas kriteria kriteria tersebut kami berkoordinasi dengan pak camat dan pak lurah kebetulan di wilayah pekan labuhan ini" kata Andry.

Masih Andry, ada warga kita yang masuk kriteria tersebut. Dan ini nanti dari pemerintah propinsi Sumatera Utara, dinas sosial akan menampung masyarakat ini. Kebetulan ini ada enam jiwa, dua balita, empat dewasa. Ada satu yang belum berkeluarga.

"Nah nantinya disini paling lama program di sana itu selama dua tahun. Namun begitu pun nanti dilihat perkembangannya. Apabila nanti bapak bapak ini sebelum dua tahun sudah merasa bahwasanya saya sudah lebih mampu saya ingin berwira usaha. Karena di sana nanti bapak bapak ini akan kita berikan dua pelatihan yang pertama pelatihan bercocok tanam khususnya bertanam jagung. Yang kedua pelatihan kelas. Jadi ada dua ilmu nanti yang bisa diterima itu yang bisa bermanfaat bagi bapak bapak yang berada di sana." Jelas Andry.

Sementara Camat Medan Labuhan Indra Utama Hutagalung berpesan Tolong benar benar diikuti aturan yang disana, niat yang ikhlas Insya Allah ingin mengikuti program ini dengan serius karena kedepannya mau lebih baik lagi bukan karena terpaksa.

Kepada wartawan Kasi Trantib Kelurahan Pekan Labuhan Yogi FW mengatakan, Kegiatan tigal pilar ini adalah dukungan kecamatan untuk membina warga yang kurang mampu dan tidak mempunyai tempat tinggal, Yogi juga menghimbau kepada warga, apabila ada warga yang memang merasa tidak mampu, untuk membutuhkan sentuhan pemerintah, bisa berkoordinasi dengan beliau.

•  Romson Nainggolan