= Akibat Kram di Kaki Saat Bersihkan Eceng Gondok, Jumhari Tewas Tenggelam - Nuansa Metro

Akibat Kram di Kaki Saat Bersihkan Eceng Gondok, Jumhari Tewas Tenggelam



www.nuansametro.co.id - Karawang
Saat melakukan membersihkan enceng gondok di saluran irigasi Citarum wilayah Belendung arah Purwasari, Desa Belendung Kecamatan Klari Kabupaten Karawang berujung petaka. Korban tewas tenggelam dibawah lumpur eceng gondok lebih dari tujuh jam, akhirnya ditemukan oleh tim SAR gabungan Basarnas, BPBD Karawang Polri dan dibantu masyarakat.

Korban diketahui bernama Jumhari Alias Ajum (18) warga Dusun Sembang RT 02/005 Desa Belendung Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Menurut keterangan dari saksi Komar (20) kakak dari korban dan Kardi (42) teman korban yang sama merupakan karyawan harian di gudang limbah PT Putra Perbangsa, pada sekitar pukul 08.00 pagi (01/10/2022).

Korban saat itu sedang melakukan membersihkan eceng gondok, saat nyebrang arus sungai, namun naas nya sebelum korban sampai ketujuan diduga korban mengalami kram di bagian kaki saksi Komar pun sempat menolongnya dengan menjambak rambut korban, hingga korban pun berupaya memegang kaki saksi namun amat disayangkan korban pun terbawa arus dan tak tertolong.

Tepat pukul 09.00 Wib, Kapolsek Klari Kompol Hidayat SH, selaku penanggung jawab bersama Tim SAR Gabungan beserta Basarnas Karawang melakukan pencarian dan penyisiran di fokuskan di area sekitar lokasi TKP Irigasi Citarum Desa Belendung pada saat korban diketahui tenggelam, tim lainnya melakukan penyisiran melalui jalur air dan darat sampai jembatan Darawolong Purwasari.

Sekira pukul 14.35 Wib, korban Jumhari Alias Ajum ditemukan oleh Tim gabungan berlokasi ±30 meter dari lokasi kejadian korban tenggelam dengan kondisi sudah meninggal dunia, selanjutnya korban dievakuasi dan langsung dibawa kerumah duka untuk segera dilakukan pemakaman. Korban rencananya akan dimakamkan di TPU Kebon Jati Dusun Kaliaren Desa Pasirmulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang.

Dan kegiatan pencarian korban ditutup langsung dan dinyatakan selesai oleh Kapolsek Klari bertempat disekitar rumah Korban Jumhari Alias Ajum. Dari seluruh yang terlibat dalam pencarian tersebut diantaranya Kapolsek Klari Kompol Hidayat SH, Piket Pawas, Panit I Patroli Iptu Totok Bagja, Panit I Reskrim Ipda Cahya Hardiansyah SH, Panit Patroli, Ipda Yoyo Waluyo dan Kasi Humas Polsek Klari Aiptu Asep Saeful Z, Pimprus PT Putra Perbangsa dan Ketua Umum DPP LSM NKRI H. Suparno  dan Tim SAR Gabungan Basarnas, BPBD Karawang.

Usai melakukan kegiatan Pencarian korban tenggelam bersama tim SAR Kapolsek Klari diwawancarai oleh awak media Nuansa Metro, menyampaikan mengucap syukur korban bisa ditemukan dalam waktu yang tidak lama, dan tidak ada kendala atau kesulitan apapun dalam pencarian.

Ditempat terpisah H. Suparno selesai melayat ke rumah duka, dirinya turut berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa kepada karyawannya.

"Korban merupakan tulang punggung keluarga setelah saudara saudara berumahtangga bahkan dalam lingkungan perusahaan pun diketahui korban sangat baik dan rajin,"  ujarnya.

•  Oya