= Penyusunan RKPDes Tahun 2023 Pemdes Sindangmukti Kutawaluya Gelar Musrenbangdes - Nuansa Metro

Penyusunan RKPDes Tahun 2023 Pemdes Sindangmukti Kutawaluya Gelar Musrenbangdes



www.nuansametro.co.id - Karawang, Dalam rangka penyusunan RKPDes Tahun 2023 Pemdes Sindangmukti Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang menggelar rapat Musrenbangdes di aula kantor Desa Sindangmukti, Jum'at (23/09/2022).

Dalam rapat Musrenbangdes tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Sindangmukti Hj. Rahmawati Dewi, Romli Sekcam Kutawaluya, Kasiepem dan MP serta Pendamping Desa Kecamatan Kutawaluya, Bhabinkamtibmas TNI dan Polri Desa Sindangmukti, Ketua LPM dan BPD Sindangmukti, tokoh masyarakat dan ketua karang taruna desa.

Pada rapat tersebut Kepala Desa Sindangmukti Hj. Rahmawati menerangkan, terkait dengan pencapaian pembangunan yang sudah berhasil direalisasikan pada tahun 2022 di bulan Januari - September 2022 untuk wilayah Desa Sindangmukti Kecamatan Kutawaluya ini di antaranya, pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), turap saluran atau drainase, pemagaran Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan jalan poros desa, normalisasi saluran tersier, Penerangan Jalan Umum (PJU), neonisasi, Rutilahu dan program sanitasi.

"Terkait dengan hal tersebut anggaranya dari Dana Desa, dari aspirasi dewan dan bantuan dari dinas-dinas terkait Pemkab Karawang,"  jelasnya.

Lebih lanjut Kades mengatakan, adapun mengenai perencanaan pembangunan desa untuk kedepan di tahun 2023 pihaknya sudah menghimpun dan menampung semua keluhan dan aspirasi yang di butuhkan oleh masyarakat, karena menurutnya pembangunan yang di butuhkan oleh masyarakat memang belum maksimal baik itu untuk infrastruktur maupun yang lainya. 

"Dan Insya Alloh semua kegiatan perencanaan pembangunan desa untuk kedepan yang di bahas pada rapat kali ini semoga terkabulkan seperti apa yang kita harapkan,"  Ungkapnya.

Adapun perencanaan pembangunan desa kedepan di tahun 2023 untuk wilayah yang ada di wilayah Desa Sindangmukti tersebut meliputi pembangunan majelis ta'lim, pembangunan turap drainase atau saluran, poskamling, turap JUT, pembangunan jembatan, neonisasi, jalan poros desa, rutilahu, normalisasi dan sebagainya.

Pihaknya berharap, semoga Desa Sindangmukti kedepan bisa lebih baik lagi dalam berbagai bidang. Maka dari itu mari kita secara bersama-sama dan bekerjasama serta saling bersinergi untuk membangun Desa Sindangmukti ke arah yang lebih baik lagi agar menjadi desa yang bermartabat, sebagaimana dengan misi, yakni "Sindangmukti Bermartabat" atau dengan kata lain 'Sindangmukti Berkah, Makmur, Tentram, Bersih dan Sehat.

"Dan terkait dengan hal ini guna membangun desa agar lebih baik lagi tentunya bukan hanya pihak pemdes yang berperan, akan tetapi elemen masyarakat juga harus ikut andil, karena Kepala Desa tidak akan bisa membangun sendiri tanpa bantuan dan kerjasama dari masyarakat itu sendiri,"  tutupnya.

•  Asep Supriyatna