= Dinkop Karawang Salurkan Bantuan Berupa Barang Untuk Lima Desa di Kecamatan Pedes - Nuansa Metro

Dinkop Karawang Salurkan Bantuan Berupa Barang Untuk Lima Desa di Kecamatan Pedes



www.nuansametro.co.id - Karawang
Dinas Koperasi Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat salurkan bantuan berupa barang untuk lima Desa di Kecamatan Pedes yang terindikasi miskin ekstrem yaitu Desa Jati Mulya, Kertaraharja, Karangjaya, Rangdumulya dan Payungsari, bertempat di aula kantor Kecamatan Pedes, Selasa (27/9).

Menurut Kabid PPK Dinkop UKM Kabupaten Karawang Diah Miradesi Avianti.SE.MM saat di wawancara jurnalis nuansametro.co.id mengatakan bantuan ini adalah dari APBD Kabupaten Karawang, yang intinya adalah untuk percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem khususnya di lima Kecamatan di Kabupaten Karawang.

Menurutnya, pembagian bantuan sekarang ini adalah Kecamatan yang ke tiga sebelumnya sudah di berikan di Kecamatan Cilamaya Kulon dan Cibuaya, bahkan masih ada dua Kecamatan lagi yang belum yaitu Kecamatan Kutawaluya dan Batujaya.

Dilanjutnya, kebetulan di Kecamatan Pedes ini ada lima Desa yang terindikasi miskin ekstrem yaitu Desa Jati Mulya, Kertaraharja, Karangjaya, Rangdumulya dan Payungsari, kita memberikan bantuan kepada para pelaku usaha yang bantuannya berupa barang seperti gerobak, utility shop (alat perbengkelan), Salon, Sablon, mesin jahit, alat tata boga kemudian bantuan tenda atau meja portabel untuk kegiatan usaha, yang intinya adalah kita ketahui di masa pandemi covid-19 pelaku usaha ini sangat terdampak sekali. Untuk itu kita dari pemerintah Kabupaten Karawang memberikan bantuan berupa barang.

Diah berharap bantuan yang di berikan dapat memotivasi juga dapat memberikan semangat kepada para pelaku usaha untuk bangkit kembali, 

"Semoga dengan bantuan ini akan mempercepat penanggulangan miskin ekstrem di Desa dan supaya ekonomi nya juga bergerak,"  ujar Diah.

Dikatakan Diah, karena keterbatasan anggaran kita memberikan per Desa lima pelaku usaha, usulannya dari masing masing Desa untuk memilih pelaku usaha yang memang benar benar membutuhkan.

"Kita dari Dinas Koperasi mengajak koperasi yang ada di Kecamatan Pedes untuk mewadahi atau memberdayakan para pelaku usaha dan bantuan yang sudah di berikan bisa di monitor oleh koperasi, supaya kedepannya itu bisa terus di berdayakan dan para pelaku usaha ini nantinya akan jadi binaan koperasi,"  terangnya.

Masih kata Diah, bantuan ini sifatnya hibah tidak boleh di pindah tangankan atau di diperjualbelikan. 

• Azis