= Penanggulangan Penyakit Zoonosis Harus Intens - Nuansa Metro

Penanggulangan Penyakit Zoonosis Harus Intens


Foto : USAID saat Pelatihan zoonosis di dusun Kiaralawang Karangpawitan.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Pelatihan Penanggulangan Zoonosis dengan Pendekatan One Health bagi Pengelola Program Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto bersama dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, Deteksi dan Survailans untuk Penyakit Menular (USAID IDDS) serta USAID One Health Workforce Indohun, bertempat di Dusun Kiaralawang RW. 21 Kelurahan Karangpawitan, Kabupaten Karawang. Rabu (10/08/22).

Pelatihan ini terlaksana dan dilakukan di Kabupaten Karawang setelah melalui proses yang panjang termasuk di dalam memilih lokasi, persiapan pelatihannya, menyiapkan perangkat kurikula dan modul pelatihannya.

Zoonosis adalah penyakit zoonotik atau penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau pun sebaliknya, yang disebabkan oleh mikroorganisme parasit berupa bakteri, virus, jamur, serta parasit seperti protozoa dan cacing dengan penularan langsung, tidak langsung atau konsumsi. 

Beberapa jenis penyakit yang tergolong sebagai zoonosis misalnya Anthraks, Infeksi bakteri Salmonella atau demam tifoid (tifus/tipes), Flu burung, Rabies, Leptospirosis dan lain-lain.

Pelatihan ini dilakukan selama 14 hari sejak 1 Agustus selama satu minggu secara daring dan 8 Agustus selama satu minggu secara tatap muka. Peserta pelatihan terdiri atas petugas kesehatan di 3 sektor, yaitu sektor kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, dan kesehatan satwa luar/lingkungan, meliputi dokter hewan, petugas epidemiologi, petugas pengelola program dari 8 kabupaten di 4 provinsi, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat dan Banten. 

Pelatihan ini adalah kelanjutan dari Lokakarya Nasional dan Pelatihan untuk Pelatih yang diberikan kepada kementerian dan lembaga serta provinsi. Pelatihan ini, memberikan kesempatan kepada pelatih yang sudah dilatih dalam pelatihan tersebut, untuk melatih petugas di instansi kabupaten/kota.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengkolaborasikan kegiatan pencegahan dan penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) atau wabah yang diakibatkan penyakit zoonosis, antara petugas kesehatan hewan, petugas kesehatan manusia dan kesehatan satwa liar/lingkungan. 

Pelatihan ini menggunakan konsep praktik kerja lapangan untuk memperkuat One Health dengan mengambil tema penanganan wabah yang dilakukan melalui komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara petugas kesehatan hewan dan petugas kesehatan manusia serta petugas kesehatan satwa liar dan  lingkungan. 

Kegiatan pelatihan ini mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk warga Dusun Kiara Lawang/RW. 21, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Puskesmas Karawang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, serta mendapat apresiasi sangat luar biasa dari seluruh pihak yang terlibat. 

Besar harapan semua pihak, agar pelatihan serupa dapat diteruskan di Kabupaten Karawang dan diaplikasikan ke seluruh daerah di Indonesia, dalam mencegah dan menanggulangi zoonosis agar tidak terjadi, tidak berdampak meluas dan tidak menjadi wabah.

• Irfan Sahab