= Kades Srikamulyan Monitoring Kegiatan Posyandu - Nuansa Metro

Kades Srikamulyan Monitoring Kegiatan Posyandu


www.nuansametro.co.id - Karawang, Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan salah satu tempat pemeriksaan kesehatan balita pertama yang bisa di lakukan di luar gedung Puskesmas, yaitu di Kantor Desa-Desa atau di balai-balai kesehatan yang sudah di bentuk oleh ketua tim kesehatan dari Puskesmas Desa atau Kelurahan, Rabu (03/08/2022).

Pada kegiatan posyandu tersebut langsung di hadiri oleh tim kesehatan dari Puskesmas Tirtajaya, Bidan Desa,  ibu Kepala Desa Srikamulyan Selaku Ketua tim penggerak posyandu dan ibu Hj. Radipah selaku ketua koordinator.
Hadir pula Kepala Desa Srikamulyan beserta tim ibu-ibu penggerak posyandu dan  jajaran Pemdes Srikamulyan.

Kepala Desa Srikamulyan Halim saat di mintai keteranganya di lokasi kegiatan posyandu tersebut mengatakan kepada awak media, kegiatan posyandu ini di lakukan dalam setiap satu bulan sekali, adapun kegiatan ini meliputi penimbangan balita, pemberian vitamin A, pemeriksaan ibu hamil serta yang lainya.

Dalam kegiatan posyandu ini bukan hanya terkait vaksinasi saja, namun di posyandu juga bisa di manfaatkan untuk memantau tumbuh kembang anak, seperti mengukur tinggi badan, berat badan, dan lingkar anakpun di ukur untuk mendeteksi sejak dini.

"Di khawatirkan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti kekurangan gizi, terutama untuk program yang saat ini sedang di anjurkan oleh pemerintah  adalah untuk mencegah terjadinya stunting,"  jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama Nia sebagai Bidan Desa Srikamulyan saat di konfirmasi oleh awak media mengatakan, pada pelaksanaan kegiatan posyandu kali ini pihaknya melakukan pemeriksaan Ibu Hamil (Bumil), pemeriksaan bayi dan balita, pengukuran berat badan dan tinggi badan, sekaligus dengan kegiatan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) serta pemberian vitamin A.

Terlebih dari itu pihaknya berharap untuk kedepannya semua ibu hamil bisa memeriksakan kehamilannya dalam setiap bulan ke posyandu atau ke tenaga kesehatan lainya, agar usia kehamilannya dapat terpantau demi keselamatan ibu dan bayi. Begitu juga untuk bayi balita agar semuanya sehat dan imunisasinya terpenuhi dengan datang ke posyandu tersebut.

"Terlepas daripada itu untuk masyarakat Desa Srikamulyan saya berharap untuk terus bekerjasama antara aparatur Desa, masyarakat, para kader, dan bidan desa, sebagai tenaga kesehatan demi membangun kesehatan yang lebih baik,"  harapnya.

"Maka dari itu dalam setiap bulan ibu hamil, bayi balita harus datang ke posyandu, agar kondisi tubuh, berat badan dan tinggi badan dapat terpantau oleh tenaga kesehatan, dan untuk bayi balita hal ini guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, dan demi mencegah stunting,"  Pungkasnya.

• Asep Supriatna