= Ikhtiar Melindungi Balita, Ini Yang Dilaksanakan Puskesmas Kecamatan Pedes - Nuansa Metro

Ikhtiar Melindungi Balita, Ini Yang Dilaksanakan Puskesmas Kecamatan Pedes


www.nuansametro.co.id - Karawang
Puskesmas Pedes Launching pelaksanaan BIAN ( Bulan Imunisasi Anak Nasional) bertempat di Desa Payungsari Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Senin (1/8).

Acara di hadiri oleh Camat Pedes, Furqon Jalaludin, Kapolsek Pedes, AKP. Ade Firmansyah, Danramil Pedes yang di wakili oleh Serma Suyana, kepala PLKB Pedes, Sanin, ketua team PKK Kecamatan, Kepala Desa, Sekretaris Desa dan seluruh perangkat Desa serta PKK Desa Payungsari.

Kepala UPTD Puskesmas Pedes, H.Warno Sumarno, SKM. MMKes, saat di wawancara jurnalis nuansametro.co.id, mengatakan, hari ini pihaknya dari puskesmas Pedes adakan launching perdana pelaksanaan BIAN ( Bulan Imunisasi Anak Nasional), dan bulan Agustus ini adalah bulan penimbangan bayi balita (BPB) dan pemberian vitamin "A" serta pemberian vaksin campak rubella, yang sasarannya balita yang status imunisasi nya belum lengkap. 

Dikatakan H.Warno, kegiatan ini merupakan kegiatan nasional dan untuk di Kecamatan Pedes, yang akan dilaksanakan satu bulan kedepan, di tiap tiap Desa di tiap posyandu, dengan jumlah sasaran balita sekitar 3500 orang di wilayah Kecamatan Pedes.

"Mudah-mudahan sasaran balita dengan jumlah 3500 itu bisa tercapai dan ini salah satu ikhtiar kita, agar anak-anak generasi penerus ini menjadi generasi yang sehat,"  Ucap H. Warno.

Hal senada di ucapkan Camat Pedes, Furqon Jalaludin, bahwa ini launching perdana, dan sebulan kedepan akan di laksanakan. Menurutnya, ini sebagai ikhtiar menyempurnakan untuk melindungi anak-anak, yang pertama dari stunting juga penyakit lainnya yang bisa di cegah dengan imunisasi.

Camat juga menghimbau, agar masyarakat jangan takut atau khawatir, karena ini sudah berlebel halal dari BPOM. Sekarang ini banyak penyakit yang aneh contoh kemarin Covid-19 dan sekarang lagi heboh di luar negeri yaitu cacar monyet.

"Ini sebagai penyempurna ikhtiar kita bahwa kita sudah di titipkan oleh yang maha kuasa berupa anak, jadi kita harus mengurusnya salah satunya dengan cara imunisasi itu"  terangnya. 

Camat juga berpesan kepada warga, bahwa di Desa Payungsari ini beberapa hari yang lalu mengadakan penyuluhan perlindungan anak. Disarankan, Bapak dan ibu yang mempunyai anak, kalau anak itu nakal atau bandel jangan suka di pukul apalagi di tempat yang vital seperti kepala.

"Jadi mulai sekarang kita rubah jangan memakai kekerasan atau di pukul,"  Ucap Camat.

Di tempat yang sama Kapolsek Pedes, AKP. Ade Firmansyah kepada jurnalis nuansametro.co.id, mengungkapkan, kegiatan BIAN ini merupakan giat yang di laksanakan secara serentak secara nasional, yang di laksanakan oleh tenaga kesehatan khususnya di puskesmas Pedes.

"Kami dari Polsek Pedes, Koramil dan Kecamatan selalu mendukung dan berupaya bersama sama untuk kesehatan balita, khususnya di wilayah Kecamatan Pedes. Mudah-mudahan nantinya terlaksana secara baik dan bisa menyehatkan seluruh balita di Kecamatan Pedes ini,"  harapnya.

• Azis