= Sarbani Misar Sosok Ketua RW 15 Tegal Alur Yang Menjadi Inspirasi Masyarakat - Nuansa Metro

Sarbani Misar Sosok Ketua RW 15 Tegal Alur Yang Menjadi Inspirasi Masyarakat


Foto : Sarbani Misar bersama Istri dan kedua anaknya.

www.nuansametro.co.id - Jakarta
Sarbani Misar adalah Ketua RW. 15  Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Sosok Sarbani dikenal karena rasa kepekaan sosialnya kepada warga sangatlah tinggi, sehingga wujud kepeduliannya kepada warga sangat banyak dirasakan oleh warga sekitar nya.

Program kerjanya dapat berjalan serta direalisasikan di tengah kehidupan pemukiman warga, membawanya menjabat sebagai Ketua RW. 15 Tegal Alur hingga dua periode. Oleh karena nya tidak heran, jika sosoknya pun menginspirasi dan membakar semangat kaum millenial yang berkeinginan mengabdi kepada masyarakat.

Ginting Hardi selaku warga RW 15  menuturkan, bahwa Ketua RW 15 Sarbani Misar merupakan sosok ketua RW yang sigap, serta peka atas keluhan warga dan selalu ingin tahu keinginan warganya.

"Ketua RW 15 Sarbani Misar merupakan sosok ketua RW yang Sigap, serta peka atas keluhan warga dan Ingin tau keinginan warganya" tutur Ginting.

Berikut ulasan singkat biodata dan biografi Sarbanie Misar, salah satu tokoh masyarakat dan juga Ketua Forum RT/RW Se kecamatan Kalideres Jakarta Barat :

Biodata
Nama : Sarbani
TTL : Jakarta, 19 November 1974
Pendidikan : MTs 8, STM Yadika, BSI
Nama Ayah : Misar
Nama Ibu : Uni
Nama Istri : Rosidah
Nama Anak : Tegar Eka Putra dan Karen Dwi Nanda

Biografi
Sarbani Misar adalah nama populer dari Sarbanie. Anak kedua dari enam bersaudara ini, menggandeng nama Ayah nya sebagai nama panjangnya. Pria kelahiran Jakarta, 19 November 1974 ini, tentu banyak warga RW. 15 Kelurahan Tegal Alur sudah mengenal sosoknya. 

Sarbani adalah salah satu tokoh masyarakat yang aktif melakukan berbagai kegiatan sosial. Tidak hanya peduli dengan warganya, ia juga sering membantu warga di wilayah lain dengan program-program yang digagasnya.

Selain itu, sosok ketua RW. 15 yang sudah menjabat dua periode ini, pendekatannya kepada warga membuatnya digemari oleh anak muda. Pada kesempatan tersebut, ia membentuk OKP (Organisasi Kepemudaan) yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa, yakni mengkaryakan mereka dengan kegiatan-kegiatan positif. Sehingga mampu menetralisir bentuk pergaulan negatif di wilayahnya.

Sebagai Ketua RW, Sarbani sudah membawa perubahan di wilayah RW. 15 sejak masa periode pertama. Bisa dikatakan ia adalah salah satu tokoh masyarakat yang berpengaruh di Kalideres, karena itu Sarbani kembali menjabat Ketua RW. 15. 

Belum usai masa jabatannya sebagai ketua RW di periode kedua, pada tahun 2021 Sarbani dipercayakan menjadi Ketua Forum RT/RW Se - kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Seiring waktu berjalan, Sarbani yang sempat menjadi karyawan sejak 1999 di perusahaan swasta itu memutuskan risen pada tahun 2021, ia memfokuskan dirinya untuk mengabdi pada masyarakat setelah terpilih menjadi Ketua Forum RW Sekelurahan Tegal Alur, pengurus di DPC Forum RT/RW Sekecamatan Kalideres dan Kepala Bidang Sosial Budaya di DPP Forum RW tingkat DKI Jakarta.

Pria lulusan STM Yadika pada tahun 1994 ini adalah putra daerah yang lahir dan besar di Kayu Besar, Jakarta Barat. Sejak remaja ia dikenal sudah aktif menyibukkan dirinya di berbagai organisasi, diantaranya menjadi ketua Osis saat di Madrasah Sanawiyah dan Pengurus Karang Taruna di RW. 02. 

Kemudian, pada tahun 1999 ia menikah dengan Rosida, lalu tinggal di Rawa Melati RW. 02 Kelurahan Tegal Alur sampai tahun 2014. Rosida yang setia mendampinginya, dikenal selalu mendukung setiap aktifitas suaminya itu yang peduli terhadap antar sesama. Hingga kini mereka memiliki dua orang anak laki-laki, yakni Tegar Eka Putra (21) dan Karen Dwi Nanda (19).

Pada tahun 2014, Sarbini membawa istri dan anak-anaknya pindah ke Jl. Manyar Dalam RT. 001 RW. 15 Kelurahan Tegal Alur. Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Menjelang tahun 2017, ia dipercayakan warga setempat untuk menjabat sebagai Ketua RW.15 hingga dua periode. 

Dalam kesempatan itu, pada periode pertama, Sarbini membuat program pengaspalan dari gang ke gang sampai jalan utama di wilayahnya. Dia bekerjasama dengan SDA (Sumber Daya Air) untuk mengeruk kali Mongol sehingga air mengalir, kemudian memiliki mobil ambulance sendiri yang dikhususkan untuk membantu warganya yang membutuhkan. 

Selanjutnya jika ada warganya yang meninggal dunia, RW. 15 dengan ambulancenya siap menghantarkan ke TPU, menyediakan kain kapan, hingga melayani pemakaman sampai selesai.

Menjelang periode kedua, apapun yang dibutuhkan masyarakat seperti sarana jalan berikut penerangan semua dipenuhinya. Sarbani pun selalu tampil disetiap kegiatan sosial, baik yang diselenggarakannya maupun yang diadakan oleh berbagai organisasi masyarakat.

Diketahui, Sarbani menjadi salah satu tokoh masyarakat yang berpengaruh di Kecamatan Kalideres, sejak ia menjadi ketua Forum RW Sekelurahan Tegal Alur. Saat itu ia pernah menjadi koordinator lapangan yang tidak memperbolehkan Truk-Truk pengangkut tanah merah melintas di Jl. Kapuk Kamal yang meliputi Wilayah RW 012, 08, dan RW 01 kelurahan Tegal Alur dan perbatasan Wilayah RW 02 Kelurahan kamal Muara. 

Oleh karena itu Sarbanie kembali dipercaya menjabat sebagai Ketua RW. 15 Tegal Alur. Lalu, pada tahun 2021 Sarbani dipercayakan menjadi Ketua DPC Forum RT/RW Sekecamatan Kalideres, Forum RT/RW Jakarta Barat, dan dipercayakan juga sebagai kepala Bidang Sosial Budaya di Forum DPP RW DKI Jakarta.

Demikian biografi Sarbani Misar Ketua RW. 15 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Ingin tahu lebih lanjut, kunjungi chanel Youtube nya di Banie Yor 015!

• Zul