= Pemdes Sampalan Bersama Tim Kesehatan Puskesmas Kutawaluya Laksanakan Bintek Kader Posyandu - Nuansa Metro

Pemdes Sampalan Bersama Tim Kesehatan Puskesmas Kutawaluya Laksanakan Bintek Kader Posyandu



www.nuansametro.co.id - Karawang, Pemerintahan Desa Sampalan bersama tim kesehatan puskesmas Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang laksanakan Bimtek peningkatan kapasitas kader posyandu, yang bertempat di aula kantor Desa Sampalan Kecamatan Kutawaluya Karawang, Kamis (28/06/2022).

Pada acara kegiatan Bintek Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu tersebut di hadiri langsung oleh Kepala Desa Sampalan Jamaludin, ketua tim kesehatan puskesmas Kutawaluya Dr. Hasan Hariri beserta jajaran, Bidan Desa, Ketua tim penggerak Kader Posyandu Desa Sampalan, dan Mahasiswa KKN UBP Karawang serta staf dan jajaran Pemdes Sampalan Kecamatan Kutawaluya.

Kepala Desa Sampalan Jamaludin dalam sambutanya mengatakan, pelaksanaan acara kegiatan Bintek peningkatan kapasitas kader posyandu yang ada di Desa Sampalan ini adalah, untuk lebih meningkatkan lagi kapasitas para kader-kader posyandu yang ada di wilayah Desa Sampalan.

"Agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu kesehatan yang nanti akan di berikan oleh tim kesehatan dari Puskesmas Kutawaluya,"  ucap Kades.

Acara kegiatan Bintek ini adalah sebagai satu bentuk realisasi dari anggaran Bantuan Keuangan Gubernur (BanGub) T.A. 2022  yang di kucurkan oleh pemerintah untuk Desa-Desa yang ada di wilayah Kabupaten Karawang di bidang kesehatan salah satunya yaitu Desa Sampalan Kecamatan Kutawaluya.

Selain itu kades juga mengatakan, bahwa dengan dilaksanakannya Bintek ini, jelas selain akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu kesehatan, juga dapat bersilaturahmi untuk lebih mempererat lagi tali ukhuwah Islamiyyah di antara sesama.

Sementara itu Ketua dari tim kesehatan puskesmas kecamatan Kutawaluya Dr. Hasan Hariri menyatakan, terkait dengan dilaksanakannya kegiatan Bintek ini, pihaknya sangat mengapresiasi karena memang kegiatan tentang hal ini baru kembali ada, pasalnya memang di dua tahun kebelakang karena ada situasi pandemi Covid - 19, jadi baru saat ini kembali dilaksanakan.

Pada kegiatan Bintek ini adalah untuk lebih meningkatkan lagi kapasitas para kader posyandu yang ada di Desa-Desa. Adapun tujuannya adalah untuk memberikan ilmu dan wawasan, serta untuk memberi pengetahuan tentang kesehatan dan tugas-tugas sebagai kader posyandu yang nantinya harus di terapkan kepada masyarakat terutama bagi  Bumil (Ibu hamil) dan yang sudah mempunyai Balita.

"Dalam hal ini kita sebagai kader posyandu itu tujuannya adalah untuk memberikan pelayan kesehatan bagi wilayah dan lingkungan sekitar kita, selain daripada itu kinerja seorang kader posyandu itu adalah sebagai pekerja sosial terutama di bidang kesehatan untuk masyarakat,"  jelasnya.

Karena menurutnya, kader posyandu itu adalah merupakan satu ujung tombak dari tim kesehatan, maka sebagai kader posyandu itu harus lebih tau tentang kesehatan daripada teman-teman yang lain yang memang kurang tau dan memahami tentang kesehatan itu sendiri.

"Semoga apa yang kita kerjakan dengan baik semoga mendapat nilai terbaik dari Alloh SWT, karena memang ini satu pekerjaan sosial. Dan semoga kedepan para kader-kader posyandu yang ada di wilayah Desa Sampalan khususnya bisa lebih aktif dan lebih optimal lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya,"  pungkasnya.

• Asep Supriatna