= Pemdes Cimahi Lakukan Peresmian Sekaligus Launching Konveksi BumDes Swadesi - Nuansa Metro

Pemdes Cimahi Lakukan Peresmian Sekaligus Launching Konveksi BumDes Swadesi


www.nuansametro.co.id - Karawang Pemerintah Desa Cimahi menyelenggarakan peresmian sekaligus launching konveksi BumDes Swadesi yang beralamat di Jl Raya Kosambi-Curug KM 5 Dusun Kebon Kacang RT 01 RW 05 Desa Cimahi, pada Jum'at (15/07/2022)

Acara ini di hadiri oleh Plt Camat Klari Hj Idah Hamidah SE, Kasie PMD Hj Shopiatun, Kepala Desa Cimahi Asep Sutami, direktur Bumdes Swadesi M. Nopaly Ridwan Marpaung, S.I, 
General Manager PT Matsuzawa Pelita Furniture Sukandar, BPD, Babinsa Desa Cimahi Serka Badru Salam serta jajaran aparatur pemerintah Desa Cimahi maupun seluruh pengurus Bumdes dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) tentunya mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi Desa. Berikut empat tujuan didirikannya BUMDes, diantaranya adalah meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisipatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustainable. 

Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional.

Dalam sambutannya Camat Klari Hj Idah Hamidah SE, menyampaikan dengan diresmikannya konveksi Bumdes Swadesi, bisa memunculkan ekonomi kreatif masyarakat, sehingga mampu menjadi salah satu roda penggerak ekonomi kemasyarakatan disekitarnya.

“Diharapkan bisa memberi manfaat bagi lingkungan sekitar, pendukung operasional usaha, pendampingan secara manajerial dalam pengelolaan BUMDes dan kerja sama dalam menyediakan penyuluhan-penyuluhan yang bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi motivasi serta energi baru yang mampu menumbuhkan ekonomi kemasyarakatan.” Kata Hj. Idah Hamidah.

Kepala Desa Cimahi mengatakan, Bumdes sangat penting bagi pemerintahan Desa dan juga buat masyarakat desa, dengan diadakanya konveksi Bumdes Swadesi guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya Desa Cimahi juga sekitarnya.

"Semoga dengan diresmikannya Bumdes Swadesi menjadi semangat baru dalam mengembangkan unit usaha di Desa Cimahi menjadi lebih maju, dan seluruh perusahaan yang ada di wilayah pemerintahan Desa Cimahi mendukung dalam pengembangan BUMDes dan mempermudah akses masyarakat desa." Harapnya.

• Oya