= Kades Medan Sinembah Bersama Aparat Lakukan Patroli Menjaga Keamanan Lingkungan Desa - Nuansa Metro

Kades Medan Sinembah Bersama Aparat Lakukan Patroli Menjaga Keamanan Lingkungan Desa


www.nuansametro.co.id - Deli Serdang Kepala Desa (Kades) Medan Sinembah, Jasri, yang baru terpilih bersama perangkat Desa dan Ketua BPD, Babinkamtibmas juga masyarakat melakukan patroli rutin setiap 3 kali seminggu, kegiatan patroli ini sudah berjalan selama 1 bulan.

“Tadi malam. Saat kami melakukan patroli rutin seperti biasanya dimulai pukul 00.00 s/d 03.00 Wib. Kami melihat pengendara sepeda motor yang berboncengan sambil membawa 3 sak semen. Yang 1 sak semen diletakkan didepan si pengendara dan 2 sak semen dipangku oleh temannya yang dibonceng,"  ucap Yatiman Ketua BPD didampingi Jasri Kepala Desa Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara kepada nuansa metro, Jumat (8/7/2022) di kantor Desa Medan Sinembah, saat menjelaskan Kronologisnya.

Awalnya, pihaknya curiga kenapa ada orang bawa semen ditengah malam, saat itu pukul 2.30 Wib pagi. Karna curiga pihaknya langsung melakukan pengejaran, berawal dari jalan lintas Medan Sinembah Limau Manis kemudian mereka masuk ke dalam Gang Wakaf Dusun VIII Medan Sinembah.

"Setelah kami masuk kedalam gang tersebut, kami lihat 3 sak semen sudah berada di pinggir jalan. Diduga semen itu dicuri ditempat lain, karna kami kejar sengaja mereka buang dipinggir jalan, makanya ada bungkusannya yang pecah. Kemungkinan supaya mereka gampang melarikan diri, karna kalau ada semen pasti susah membawa sepeda motornya,"  jelasnya.

Masih kata Yatiman, pengejarannya terhenti karena para terduga pelaku berhasil melarikan diri ditengah kegelapan malam.

"Kami masih mencari tau siapa pemilik semen ini dan barang bukti semen tersebut kami letakkan di Kantor Desa Medan Sinembah. Jika ada warga yang merasa kehilangan semen, silahkan datang ke Kantor Desa Medan Sinembah,"  tandasnya.

Tiga sak semen sebagai barang bukti dibawa ke Kantor Desa Medan Sinembah, diduga itu hasil curian.

Ditambahkan Kepala Desa Medan Sinembah, program Keamanan dan Ketertiban Desa, untuk sementara ini di lakukan secara bersama-sama, karena belum mempunyai petugas penjaga malam yang harus di biayai.

"Jadi kita mengajak aparatur desa, BPD dan elemen masyarakat yang berkenan secara partisipasi kita buat patroli malam, gunanya untuk menjaga di lingkungan kita masing-masing, mencegah dari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti pencurian dan pelaku kejahatan-kejahatan malam lainnya,"  terang Kades 

Menurutnya, upaya seperti itu guna mengantisipasi tindakan kejahatan di desa ini, program ini akan di lakukan untuk berkelanjutan dan kemungkinan akan di buat Perdesnya.

Kades berharap, warga juga ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. 

“Dan buat para orang tua juga harus lebih lagi mengontrol anak-anaknya jangan membiarkan anak-anak yang masih sekolah, keluar sampai larut malam. Mari kita jaga ketertiban dan keamanan Desa Medan Sinembah ini,” ujar Jasri mengakhiri. 

• Romson Nainggolan