= Hati-hati Menerima Gadai Kendaraan Rental, Bisa-Bisa Uang Hilang Calonya Kabur!! - Nuansa Metro

Hati-hati Menerima Gadai Kendaraan Rental, Bisa-Bisa Uang Hilang Calonya Kabur!!


Foto : Serah terima mobil Toyota Fortuner dari penerima gadai kepada Sekjen Korembi (Berseragam).

www.nuansametro.co.id - Karawang 
Banyak yang mengira menerima jaminan (Gadai) kendaraan Rental adalah hal yang sangat aman, untuk bisa mendapatkan kendaraan dengan sedikit mengeluarkan uang. 

Seperti yang terjadi pada Jum'at (21/07/2022) di Karawang. Telah terjadi aksi penggadaian kendaraan sewa (Rental) oleh Oknum yang berinisial Fah pemilik usaha Rental dengan nama LA Trans, dengan cara menjaminkan kendaraan Rental yang dipercayakan oleh PT. ADTrans, diduga malah dijadikan sarana untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Alih-alih faham dengan masalah hukum, berkolaborasi dengan oknum praktisi hukum yang berinisial Ind, seorang yang diduga berprofesi sebagai advokat di Karawang, akhirnya tak bisa mengelak setelah kendaraan sewa yang dipercayakan pihak PT. ADTrans yang berdomisili di Jatibening Bekasi, ternyata dijaminkan kepada pihak lain dengan nominal uang antara 20 sampai dengan 190 juta. 

Tak tanggung-tanggung, pelaku menggadaikan kendaraan sewa (Rental) tersebut sebanyak 20 unit.

Fah sampai hari ini tidak diketahui keberadaannya alias telah kabur dan belum dapat dikonfirmasi. Sementara Ind hingga saat ini terus didampingi pihak perusahaan PT. ADTrans untuk terus menyisir kendaraan yang dijaminkan dibeberapa wilayah di Karawang, Subang, Purwakarta dan Bandung. 

Sementara saat dikonfirmasi Ind menyatakan, alasan menjaminkan kendaraan-kendaraan tersebut, dilakukan untuk membantu ibu Hajjah Y juragan kontrakan didaerah Pinayungan Telukjambe Timur, yang saat ini sedang mengalami banyak masalah keuangan. 

Hingga jumat (21/7/2022) sudah sebanyak 14 unit kendaraan yang sudah ditarik dari penerima jaminan (gadai) di Karawang, Subang, Purwakarta dan Bandung. 

"Alhamdulillah penerima gadai semuanya kooperatif sehingga penarikan unit yang dijadikan jaminan tidak mendapatkan kendala"  Ucap Maftuh Sukarman yang akrab dipanggil Arman selaku ketua Korembi Korwil Karawang.

Korembi adalah Komunitas Rental Mobil Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah indonesia, mulai dari Sabang Aceh hingga Papua. Kumpulan para pengusaha Rental yang tergabung dalam Korembi sangat kompak dan solid. 

Selain memiliki komunikasi yang cukup kuat dalam menangani permasalahan konsumen, yang melakukan tindakan pengalihan kendaraan.

Ferdy selaku Direktur dari PT. ADTrans juga sebagai ketua Korembi Jabodetabek  menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Korembi Korwil Karawang, dalam membantu penarikan unit perusahaannya di karawang.

 "Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Korembi Korwil Karawang, yang telah kompak membantu dalam penarikan kendaraan yang dijaminkan pelaku, sehingga unit bisa kembali dalam kondisi utuh dan kondusif,"  ujarnya.

Ditempat terpisah, salah satu penerima gadai kendaraan mengungkapkan ketidaktahuan nya bahwa mobil yang dia gadai ternyata kendaraan rental. 

"Saya tidak tahu kalau ini kendaraan Rental Pak, saya menerima jaminan ini katanya miliknya yang baru dibeli, karena orang ini juga orang yang saya kenal sebagai orang yang mengerti Hukum, maka saya percaya aja,"  jawab salah seorang korban yang menerima jaminan. 

Jenis unit yang dijaminkan pun bermacam-macam, mulai dari Agya, Avanza, Baleno, Innova reborn, Fortuner, Pajero Sport, & New Honda Civic.

 "Kami sudah mengeluarkan uang sebanyak 190 juta lebih untuk menerima jaminan kendaraan Fortuner ini. Tidak tahu kalau mobil ini adalah mobil rental, karena mereka bilang ini kendaraan mereka,"  ungkap korban lainnya yang berdomisili di Cilamaya yang tidak mau disebutkan namanya. 

Penerima gadai yang menjadi sasaran pelaku pun beragam, mulai dari petani, pengusaha, kerabat dan teman pelaku, bahkan oknum aparat.

Kendaraan Rental yang tergabung dalam Korembi rata-rata memiliki ijin dan legal standing. Bahkan Korembi memfasilitasi banyak akses kepada setiap anggotanya, sehingga para pengusaha rental bisa dengan cepat mendapatkan informasi penggunaan kendaraan sewa miliknya yang disalah gunakan oleh konsumen. 

"Walaupun pembayaran sewa dari konsumen lancar, apabila kendaraan tersebut ketahuan dijaminkan (gadai), maka akan kami ambil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan." Ucap Andri Divisi Satria Korembi Korwil Karawang.

Foto : Ketua Korembi Korwil Karawang 

Sementara disisi komitmen, Korembi menekankan kepada setiap konsumen untuk benar-benar transparan dan konsisten dengan aturan yang disepakati dalam sewa kendaraan rental. 

"Penggunaan kendaraan sewa diluar radius yang telah disepakati biasanya akan kami lakukan charge sesuai ketentuan yang disepakati." Ujar Hari bagian Divisi Bisnis Korembi Korwil Karawang.

• Li-hoe