= Disdik Majalengka Pacu Percepatan Reformasi Pendidikan Pembelajaran Paradigma Baru - Nuansa Metro

Disdik Majalengka Pacu Percepatan Reformasi Pendidikan Pembelajaran Paradigma Baru


www.nuansametro.co id - Majalengka
Pembelajaran paradigma baru merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter, yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Demikian dikatakan Kadisdik Kabupaten Majalengka, Dr Hj. Lilis Yuliasih, M.Pd saat berbicara dihadapan para guru se-kecamatan Sindangwangi dan kecamatan Sindang di Aula GOR Lengkong Kulon, Sindangwangi, Rabu (13/07/2022) dalam acara Percepatan Reformasi Pendidikan Pembelajaran Paradigma Baru.

Lebih lanjut Lilis Yuliasih menerangkan,  bahwa pembelajaran paradigma baru memastikan praktik pembelajaran yang berpusat pada murid, yang mana setiap murid belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya.

"Pembelajaran paradigma baru dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas atau intrakurikuler dan di luar kelas baik kokurikuler maupun ekstrakurikuler," terang Lilis.

Menurut Kadisdik Majalengka, pembelajaran intrakurikuler dilakukan secara terdiferensiasi, sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

Hal ini juga memberikan keleluasaan bagi guru, untuk memilih perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya. 

Sementara itu pembelajaran kokurikuler berprinsip, pembelajaran interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum. 

"Nah kalau pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan minat murid dan sumber daya satuan pendidik," pungkasnya. 

• Soni WS