= Berasal Dari Dana Desa, Kades Kendal Jaya Bangun Rulahu Bagi Warga Yang Kurang Mampu - Nuansa Metro

Berasal Dari Dana Desa, Kades Kendal Jaya Bangun Rulahu Bagi Warga Yang Kurang Mampu


www.nuansametro.co.id - Karawang
Untuk mewujudkan Desa sehat Desa sejahtera sesuai dengan peraturan Kemendes no 7 tahun 2021 tentang penggunaan Dana Desa tahun 2022, Pemerintah Desa Kendal Jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, bangun rumah sehat untuk salah satu warga yaitu Daim umur 65 tahun, yang beralamat di Dusun Pengki jaya RT 10/05 Desa Kendal jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat. Rabu (20/7).

Daim (65) salah satu warga yang hidup sebatang kara yang mendiami rumah gubug dan nyaris roboh itu, kini merasa bahagia dan senang. Pasalnya, rumah yang dia tempati sedang di bangun oleh Pemerintah Desa menggunakan Dana Desa tahun 2022.

Kepala Desa Kendal Jaya Sugito, saat di wawancara jurnalis nuansametro.co.id mengatakan, bahwa penggunaan Dana Desa untuk tahun ini, selain di bangunkan untuk pembuatan Torn air bersih tiga titik dan pengecoran jalan setapak. Juga di pergunakan untuk membangun rumah sehat bagi salah satu warga yang rumahnya sudah tidak layak untuk di huni.

Menurut Sugito yang biasa akrab di sapa Lurah Jago, apa yang telah di data oleh Desa Kendal Jaya ini berdasarkan SDGS Desa. Di setiap Dusun masih ada yang rumahnya tidak layak huni, yaitu masih ada sekitar sepuluh rumah warga yang tidak layak.

"Karena keterbatasan anggaran dari Dana Desa. Kami baru bisa membangun untuk satu orang warga saja sesuai skala prioritas,"  Ungkapnya.

Sugito juga memohon kepada Pemerintah Daerah, untuk bisa membantu membangun rumah warganya yang tidak layak huni.

Sementara pendamping Desa wilayah Kecamatan Pedes, Ade Permana.SH mengatakan, program berkelanjutan ini salah satunya adalah membangun rumah sehat yang di fasilitasi dengan MCK.

Menurutnya, rumah sehat itu harus ada MCK, ini masuk ke topologi Desa sehat Desa sejahtera di SDGS no 2, inilah pembangunan Desa yang berkelanjutan sesuai arahan dari pemerintah pusat ada 18 SDGS.

"Ini mengambil tipologi Desa dua bagaimana Desa sehat dan Desa sejahtera ini Kades Kendal jaya masyarakatnya sehat, kalau dari rumahnya juga tidak layak jadi menimbulkan kesehatan yang tidak bagus,"  Ujarnya.

Dikatakan Ade, pemanfaatan Dana Desa harus sesuai dengan data SDGS Desa. Jadi apa yang telah di data oleh Desa Kendal jaya ini, berdasarkan SDGS Desa, berapa jumlah rumah yang harus di bangun di Desa Kendal Jaya ini di manfaatkankan dengan menggunakan Dana Desa. Semua ini berdasarkan dari pencacahan yang sebelumnya di lakukan oleh team SDGS Desa, yang berkelanjutan. 

"Kalau mau semua ke pembangunan rumah sehat, berarti ada pembangunan yang lain tidak tergarap. Maka untuk rencana setiap pertahun skala prioritasnya yang akan di bangun dengan data yang ada SDGS Desa dan RPJMDES, dan ini di bolehkan sesuai dengan Kemendes no 7 tahun 2021, tentang penggunaan Dana Desa tahun 2022,"  tandasnya.

• Zis