= Warga Betawi Hadiri Pagelaran Seni Budaya Betawi Dalam Bingkai 'Jakarta Hajatan' - Nuansa Metro

Warga Betawi Hadiri Pagelaran Seni Budaya Betawi Dalam Bingkai 'Jakarta Hajatan'


www.nuansametro.co.id - Jakarta
Menyambut HUT Jakarta ke 495, warga Betawi antusias menghadiri acara Gebyar Pagelaran Seni Budaya Betawi dalam Bingkai  "Jakarta Hajatan" di GOR Cengkareng yang dilaksanakan, Sabtu, (11/6/2022). 

Acara di mulai sejak pagi pukul.07.00 WIB,dan akan berlangsung selama 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu dan diikuti beragam Seni Sanggar Budaya Betawi yang terdaftar dan masuk dalam Binaan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat ada 300 lebih sanggar beladiri Betawi yang memiliki ciri khas yang berada di wilayah Cengkareng khususnya dan SeJakarta pada umumnya.

Kiki Zaharudin selaku Ketua Dewan Juri Festival Seni Pencak Silat Tradisional Betawi mengatakan kepada awak Media, bahwa Festival Seni pencak silat tradisional Betawi ini telah terselenggara. Dimana kita melihat para seniman seniman pelestari seniman tradisional Betawi yang begitu cukup marak.

Dengan adanya ajang Festival ini, tentunya akan membangkitkan dan menambah kualitas dari sisi permainan, menambah jaringan silaturahmi dan menjalankan Ukhwah Islamiyah dengan ajang Festival Seni silat tradisional Betawi.

Kiki mengharapkan, orang Betawi agar menjunjung tinggi marwahnya orang Betawi, untuk tidak melupakan apalagi menghilangkan tradisional Betawi. Tradisi tersebut warisan dari nenek moyang kita yang sudah diturunkan dari zaman ke zaman, hingga sampai saat ini.

"Saya selalu sampaikan, mengapa Betawi kompak karena selalu mengikuti nasihat orang tua. Makanya dengan adanya silat tradisional Betawi mengajarkan anak anak Regenerasi Betawi, untuk menjadi manusia yang bermanfaat dan berguna dalam perjalanan hidupnya". Ucapnya.

Menurutnya, dengan terselenggaranya acara ini untuk mengedukasi regenerasi penerus dari Seni silat, untuk lebih mengedepankan marwah orang Betawi, marwah kampung Betawi sehingga orang yang selalu menjalankan dan melestarikan tradisi di kampung nya sendiri pertanda adalah orang yang berbudaya.

"Dengan dia berbudaya maka dia memiliki ciri manusia yang mengedepankan Bhineka Tunggal Ika dan menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena itu adalah Global ajaran Orang tua kita " tutur Kiki Zaharudin yang biasa disapa Bang Kimung.

Ray selaku Pengurus salah satu Ormas Betawi, DPC FORKABI Cengkareng, mengatakan kepada awak Media, pihaknya dari DPC FORKABI Cengkareng Satu Komando dengan ini ikut melestarikan Kebudayaan Betawi dalam Rangka HUT Jakarta Ke 495 Tahun.

"Dengan harapan, semoga Seni Budaya Betawi tetap terjaga dan dilestarikan, kalo bukan kita orang Betawi siapa lagi.... Hidup Betawi... Betawi... Betawi "  Ucap Nya

Hal senada di katakan Qubil selaku Pimpinan Sanggar Pukul Jurus mennuturkan pihaknya merasa antusias untuk mengikuti serta berpartisipasi dari pada acara ini.

Banyaknya pelaku Usaha yang membuka stand dagangannya di dalam acara "Jakarta Hajatan ke 495 " menjadikan acara semakin meriah.

• Rls/ Zul