= Tagihan Membengkak, Pelanggan PDAM di Kampungsawah Karawang Protes - Nuansa Metro

Tagihan Membengkak, Pelanggan PDAM di Kampungsawah Karawang Protes


www.nuansametro.co.id - Karawang, Tagihan air PDAM Cabang Tirtajaya dikeluhkan warga Dusun Campea RT 09/03, Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang tiba-tiba tagihan melonjak, rata-rata tagihan warga naik antara satu setengah sampai dua kali lipat dari biasanya.

Hal ini disampaikan oleh Ayu salah satu Warga Dusun Campea RT 09/03, Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, yang mengalami kenaikan tagihan yang secara tiba-tiba tidak seperti bulan-bulan sebelumnya.

“Saya kaget ketika akan melakukan pembayaran tagihan PDAM untuk bulan Mei. Tagihan bulan ini naik tiba-tiba tidak seperti biasanya, ketika saya coba sharing dengan warga lainnya ternyata hal serupa juga terjadi. Bahkan, hampir seluruh warga mengalami hal ini, Kenaikan bervariasi antara 1,5 – 2x lipat dari tagihan bulan bulan sebelumnya,” ujarnya kepada awak media, Selasa (07/06/2022).

Ditemui ditempat terpisah, Milah yang juga warga Dusun Campea RT 09/03, Desa Kampungsawah mengaku merasakan hal yang sama, walau baru dicek ditagihan dan tadi pagi sudah melakukan pembayaran, total tagihan membengkak dua kali lipat.

“Tidak tahu apa yang membuat tagihan ini membengkak, saat tanya ke PDAM katanya mungkin ada pipa di rumah ibu yang bocor,” keluhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Usep bahwa tagihan air PDAM tiba-tiba meningkat tidak seperti biasa, Padahal air PDAM juga sering tidak mengalir secara normal setiap harinya.

"Kan aneh, padahal air PDAM setiap harinya nggak ngalir secara normal, kadang-kadang tidak keluar saat dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu. Tapi kenapa angsuran bisa melonjak seperti ini,"  Ungkapnya.

Sementara itu, Egi Petugas PDAM Cabang Tirtajaya bagian Hubungan Pelanggan (Hublang) saat dikonfirmasi awak media melalui Pesan Via WhattApp menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan kroscek ke rumah pelanggan tersebut untuk meninjau apakah ada kebocoran atau memang pemakaian pelanggan dirumahnya yang meningkat.

"Nanti petugas baca meter yang jelasin ke rumah ya pak, Soalnya bisa dicek dimeteran apa ada yang bocor apa ngganya. Kalau angka distand meter sih cocok dan masih besar dimeteran pa,"  Ucapnya.

"Besok mungkin saya atau petugas cater yang kerumah pelanggan buat kroscek, apa betul ada yg bocor atau memang pemakaian dirumah,"  Pungkasnya.

•Abdul R