= Satpam Proyek PLTGU Jawa 1 Berharap Disnaker Jawa Barat dan Pemkab Karawang Lakukan Sidak - Nuansa Metro

Satpam Proyek PLTGU Jawa 1 Berharap Disnaker Jawa Barat dan Pemkab Karawang Lakukan Sidak


www.nuansametro.co.id - Karawang
Konflik terkait gaji dibawah upah minimum kabupaten (UMK) Karawang yang dialami sejumlah security atau Satpam proyek PLTGU Jawa-1 terus bergulir. Bahkan mereka akan membuat laporan resmi ke UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah ll, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Jawa Barat. Pelaporan ini akan diadvokasi oleh Karang Taruna Kecamatan Cilamaya Wetan

Para petugas keamanan ini meminta Disnaker Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, merespon keluhan mereka yang mendapat gaji dibawah upah minimum kabupaten (UMK) Karawang. Mereka juga meminta pengawas dan Pemkab Karawang segera turun untuk sidak (inspeksi mendadak).
 
Ketua Karang Taruna Kecamatan Cilamaya Wetan, Ali Puja Kusuma, mengatakan, PT Royal Security harus segera menyelesaikan masalah ini dengan merealisasikan tuntutan para pekerja.

“PT Royal Security Indonesia belum memenuhi tuntutan pekerja. Kita akan buat laporan ke UPTD Pengawasan (Disnaker) Provinsi Jawa Barat,” kata Ali Puja, kepada wartawan, Selasa, (14/6/2022). 

Ali mengaku sudah berdiskusi dengan para pekerja. Setidaknya ada empat tuntutan utama yang bakal disampaikan ke Disnaker Provinsi Jawa Barat. 

Diantaranya, upah harus sesuai UMK Karawang, jam kerja sesuai perundang-undangan, jika waktu kerja lebih dihitung lembur, serta mengeluarkan slip gaji sebagai hak para pekerja.

Sejak proyek PLTGU Jawa-1 dimulai tiga tahun lalu, kata Ali, tidak pernah ada isu perselisihan pekerja di sektor keamanan atau security. 

Namun, setelah kedatangan PT Rotal Security Indonesia kegaduhan terjadi di internal petugas keamanan.

“PT Royal Security Indonesia harus segera menyelesaikan permasalahan ini dengan memenuhi segala tuntutan dan hak mereka (satpam,red). Kami sebagai Karang Taruna akan mengawal permasalahan ini sampai tuntas,” ungkapnya.

Disisi lain, perusahaan penyedia jasa keamanan di PLTGU Jawa-1, PT Royal Security Indonesia juga tidak mengeluarkan slip gaji.

Sampai berita ini di tulis, pihak Samsung C&T selaku user dari PT Royal Security Indonesia masih belum mengeluarkan komentar apa pun. 

• NP