= Mentan : "Silahkan Untuk Para Petani Karawang, Manfaatkan KUR Pertanian" - Nuansa Metro

Mentan : "Silahkan Untuk Para Petani Karawang, Manfaatkan KUR Pertanian"


Foto : Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat kunjungan kerja ke Karawang.

www nuansametro.co.id - Karawang
Kabupaten Karawang salah satu kabupaten yang dikatagorikan sebagai kota lumbung padi di Jawa Barat, mendapat kunjungan kerja dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dalam kunjungannya kali ini, menteri Pertanian mengunjungi daerah Utara Karawang tepatnya di desa Tanjung Pakis kecamatan Pakis Jaya. Saat ini Karawang akan menjadi sentral produksi padi dan jagung.

Dalam kunjungannya Mentan menyampaikan pentingnya kerjasama dan kebersamaan, dalam meningkatkan produktifitas pertanian pasca pandemi Covid 19.

"Saya mengajak kepolisian dengan satgas pangannya, TNI dan pelaku usaha. Ini panggilan negara, kita harus pastikan kebutuhan pangan masyarakat aman,"  ucap Menteri SYL, dalam sambutannya, Sabtu (11/6).

Masih menurut SYL, dalam situasi dan kondisi yang masih seperti sekarang, pertanian harus tetap di pertahankan.

"Walaupun situasi dan kondisi masih seperti ini, kegiatan produksi dan distribusi pangan harus tetap berjalan, saya minta kepolisian untuk mengawal angkutan yang membawa bahan pangan,"  Ujarnya.

Lebih lanjut Menteri SYL juga menyarankan kepada masyarakat petani untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian.

"Ada KUR pertanian, tolong manfaatkan itu, kalau ada ijon atau tengkulak, saya minta dinas pertanian berkoordinasi dengan Dirjen PSP, gulirkan KUR di sini,"  Lanjutnya.

Menteri SYL berharap, dengan kehadiran KUR bisa mensejahterakan para petani di seluruh indonesia untuk  membangun pertanian yang maju mandiri dan modern.

"KUR ini adalah upaya negara untuk memastikan kesejahteraan bagi para petani di seluruh Indonesia,dan membangun petani yang maju mandiri dan modern, untuk itu saya berharap KUR ini manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya oleh para petani,"  Pungkas Menteri SYL.

• Asep Kurniawan