= Kepala SMAN 1 Galang Deli Serdang Alergi Diwawancarai Wartawan, Oknum Satpam Diduga Dijadikan "Bumper" - Nuansa Metro

Kepala SMAN 1 Galang Deli Serdang Alergi Diwawancarai Wartawan, Oknum Satpam Diduga Dijadikan "Bumper"


Foto : Gedung SMAN 1 Galang.

www.nuansametro.co.id - Deli Serdang
Kepala SMAN 1 Galang Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, sepertinya sudah alergi menghadapi wartawan. 

Pasalnya, setiap wartawan atau awak media yang akan konfirmasi terkait pemberitaan, selalu mengedepankan seorang satpam yang bukan kapasitas nya untuk melayani kepentingan wartawan untuk konfirmasi.

Hal itu terjadi saat awak media Nuansa Metro akan melakukan peliputan dan konfirmasi terhadap kepala SMAN 1 Galang, langsung dihadang bahkan dicegah oleh penjaga gerbang sekolah (Satpam, red), dengan memperlihatkan kearogansiannya, Senin (6/6/2022).

Padahal sesuai tugas dan fungsinya, profesi wartawan dalam menjalankan tugasnya mengacu pada UU no 40 tahun 1999. 

Bahkan yang lebih miris, oknum satpam tersebut sudah menuduh bahwa wartawan atau LSM kalau datang ke sekolah sudah merugikan pihak sekolah. 

"Wartawan dan LSM kalau datang ke sekolah sudah jelas merugikan pihak kepala sekolah. Makanya saya usir dari lingkungan sekolah. Itulah hak saya sebagai tugas satpam disini"  ujarnya dengan gaya congkaknya.

Namun ketika ditanyakan nama, dirinya enggan menyebutkannya. Ketika kembali ditanya, apa yang dirugikan oleh wartawan dan LSM terhadap sekolah SMAN 1 Galang, dirinyapun tidak dapat mengemukakan alasannya.

Bahkan menurutnya, kalau wartawan mau wawancara kepada kepala sekolah, harus ada ijin dari dirinya.

"Saya ingatkan lagi, kalau wartawan mau wawancara kepada kepala sekolah harus ada ijin dari saya. Dan itu hak saya masalah di izinkan atau tidak diizinkan masuk ke sekolah ini,"  tandasnya.

Bila dilihat dari sikap dan ungkapan yang keluar dari mulutnya. Jelas terlihat  oknum satpam ini memang sepertinya tidak mendapatkan pendidikan satpam sebagaimana mestinya. Seharusnya satpam itu menjalankan tugas atau fungsinya sebagai satpam, bukannya malah mengambil alih fungsi dari seorang kepala sekolah.

Foto : Oknum satpam SMAN 1 Galang yang melarang wartawan untuk melakukan konfirmasi kepada kepala SMAN 1 Galang.

Kiranya kepada pihak terkait, terutama kepala dinas pendidikan provinsi Sumut menegur kepala SMAN 1 Galang, agar selayaknya memberi ruang komunikasi yang baik dengan wartawan. Bukannya malah menghindar, seolah ada sesuatu hal yang ditutupi agar publik tidak mengetahui adanya dugaan kebobrokan di dalam ruang lingkup SMAN 1 Galang.

• Romson Nainggolan