= KAHMI Sumut Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pesisir Danau Siombak - Nuansa Metro

KAHMI Sumut Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pesisir Danau Siombak


www.nuansametro.co.id - Medan
Korps Alumni Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pesisir Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan.

Acara tersebut di hadiri oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Kamis (16/06/2022) di Jalan Danau Siombak, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan.

Selain melaksanakan kegiatan penanaman 1000 batang Pohon Mangrove di sekitar Danau Siombak, KAHMI Sumut bersama instansi pemerintah terkait, juga melaksanakan pembersihan Danau Siombak dari kotoran sampah dengan menggunakan perahu karet yang dilepas Gubsu Edi Rahmayadi bersama Rusdi Lubis selaku Ketua umum MW KAHMI Sumut, yang didampingi Sekretaris Umum MW, H.Dadang Darmawan P.Msi.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Gubsu bersama rombongan meninjau Taman Rumah Baca yang didirikan Wibi Nugraha sebagai Aktivis Peduli Lingkungan Tanaman Mangrove.

Gubsu mengatakan, kita melihat kawasan Siombak yang merupakan tempat yang indah ini, perlu ada perhatian dari pemerintah. Mari kita bersama menjawab persoalan, tak usah saya sebutkan apa persoalannya tapi mari kita bersama masyarakat membenahi kawasan lingkungan Siombak ini.

"Mari kita bersama dengan masyarakat untuk membenahi Siombak ini dengan konsep yang benar. Apalagi disini ada tempat belajar mengaji, taman baca bagi anak-anak kita," ajak Gubsu.

Mari kita bermotivasi, berkerja sama, baik rakyat maupun aparatnya karena mengatasi persoalan ini tak bisa dikerjakan sendiri-sendiri. 

"Baik rakyatnya dan aparatnya harus disiplin dan tahu diri. Jadi semua persoalan bisa diselesaikan," papar Gubsu usai melaksanakan pelepasan sejumlah perahu karet dalam pembersihan Danau Siombak tersebut.

Sementara itu, Rusdi Lubis selaku Ketua MW KAHMI Sumut menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan menanam 1000 Pohon Mangrove, bahkan kita telah membentuk bidang lingkungan hidup yang nama DEMA yang artinya tanggap terhadap lingkungan hidup dan bencana.

Dimana setiap ada masalah lingkungan hidup dan bencana kita akan segera tanggap dan peduli serta berusaha untuk memperbaikinya dengan sebaik-baiknya.

Termasuk masalah di daerah ini demi terciptanya lingkungan yang sehat dan kemajuan masyarakat disini. 

Khusus bagi Danau Siombak lanjut Rusdi, dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya demi kemaslahatan umat agar masyarakat disini  dapat menjadikan tempat ini menjadi destinasi yang luar biasa dan menjadi objek wisata.

"Kita harapkan nantinya kepada pemerintah untuk membantu mengembangkan Danau Siombak sebagai destinasi objek wisata. Dan akan kita bicarakan kepada Gubsu," jelas Rusdi Lubis yang juga selaku anggota DPRD Sumut dari Partai Hanura tersebut.

Selaku tokoh masyarakat setempat, Abdul Karim Nasution mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Gubsu yang telah menyempatkan diri dan peduli terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar Danau Siombak.

"Kita juga berterimakasih kepada pihak KAHMI Sumut yang telah memprakarsai kegiatan penanaman 1000 batang Pohon Mangrove di kawasan Siombak demi pelestarian alam semoga KAHMI tetap jaya," cetus tokoh masyarakat tersebut.

Hal senada juga diucapkan Wibi Nugraha selaku Aktivis Peduli Lingkungan Hidup khususnya tanaman Mangrove.

Wibi berterimakasih atas kunjungan Gubsu yang telah peduli dan mau membantu pembangunan rumah taman baca bagi kelangsungan pendidikan bagi anak-anak putus sekolah serta pendidikan mengaji yang berbasis ramah lingkungan.

"Kita mengapresiasi KAHMI yang telah melaksanakan kegiatan penanaman Pohon Mangrove dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia," ungkap Wibi usai acara kegiatan tersebut secara singkat.

•Romson Nainggolan