= IPSI Karawang Gelar Kejuaraan Pencak Silat, Memperebutkan Piala Bupati Karawang 2022 - Nuansa Metro

IPSI Karawang Gelar Kejuaraan Pencak Silat, Memperebutkan Piala Bupati Karawang 2022


Foto : Acara pembukaan kejuaraan dan festival pencak silat memperebutkan piala Bupati Karawang tahun 2022.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Karawang, menggelar kejuaraan dan festival pencak silat memperebutkan piala Bupati Karawang tahun 2022, bertempat di GOR Panatayudha Karawang, Kamis (2/6/2022).

Bupati Karawang secara resmi membuka kejuaraan dan festival Pencak Silat yang diikuti 550 peserta dari berbagai tingkatan sekolah (SD, SMP, SMA) yang berlangsung dari tanggal 2 Juni hingga 5 Juni 2022.

Ketua IPSI Kabupaten Karawang, Drs. H.Acep Jamhuri dalam sambutannya mengucapkan syukur pada tahun 2022 ini IPSI Karawang bisa mengadakan event pencak silat, setelah dua tahun lebih masa pandemi covid 19.

"Pencak silat sebagai warisan budaya bangsa, saat pencak silat bukan hanya milik bangsa Indonesia tetapi sudah milik dunia, pencak silat sudah di akui dunia internasional,"  ujar Acep.

Acep menuturkan, Pemerintah daerah Kabupaten Karawang sedang menyiapkan regulasi agar pencak silat menjadi muatan lokal (Mulok) di sekolah sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA.

"Kami pun akan mempersiapkan tenaga pengajar pencak silat, untuk mengisi materi muatan lokal di sekolah,"  ucapnya.

Acep berharap, semoga dengan masuk pencak silat sebagai muatan lokal di sekolah dan dengan adanya kejuaraan pencak silat di Karawang, dapat melestarikan pencak silat sebagai budaya asli Indonesia di tanah pangkal perjuangan, agar Jaya, Mulya Tohaga, Juara Lahir dan batin.

• Irfan Sahab