= Insiden Terbaliknya Truk Pengangkut Bahan Keramik Diduga Karena Sopir Mengantuk - Nuansa Metro

Insiden Terbaliknya Truk Pengangkut Bahan Keramik Diduga Karena Sopir Mengantuk


Foto : Evakuasi Truk yang terperosok masuk ke saluran air.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Setelah terjadi kembali insiden terbaliknya truk pengangkut tanah bahan keramik sekitar pukul 04.00 Wib di jalan Tanjakan Geot Dusun Kebon Kacang Desa Cimahi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, pada Senin (13/6) lalu.

Akhirnya dapat di evakuasi menggunakan dengan eksavator dibantu oleh satuan pengamanan Unit Lantas Polsek Klari bersama Bhabinkamtibmas Desa Cimahi dibantu warga setempat, pada Selasa (14/6) malam.

Ada empat faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan, yaitu faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor lingkungan jalan, dan faktor cuaca. Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan hasil interaksi antar faktor.

Faktor pengemudi yang bisa menjadi penyebab kecelakaan misalnya kondisi pengemudi yang mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat-obatan, narkotika, atau alkohol, atau menyetir sambil melihat gawai baik handphone atau tablet.

Selain itu, kesalahan bisa terletak pada pengemudi yang belum fasih atau bahkan belum bisa menyetir, ataupun melakukan kesalahan bereaksi saat menyetir, baik panik atau reaksi yang terlalu lambat, sehingga konsentrasi terganggu.

Seperti apa yang di ungkapkan oleh warga sekitar bernama Rudi, yang menjadi saksi saat kejadian itu terjadi. Pada saat itu dirinya sedang nongkrong di warung, diduga sopir truk mengantuk karena pada saat kejadian diwaktu subuh dan belum mengetahui medan jalan selain berliku juga jalan sempit ditambah tidak adanya marka jalan.

Rudi pun menambahkan, bahwa jalur Curug-Purwakarta ini adalah jalan Propinsi yang seharusnya jalan ini lebih diperlebar, disertai marka dan rambu lalu lintas agar mengurangi jumlah resiko angka kecelakaan di jalur Curug-Purwakarta ini.

• Oya