= Warga Jengkel, Pemkab Karawang Lambat Perbaiki Jembatan di Dusun Sompek Hingga Ambruk - Nuansa Metro

Warga Jengkel, Pemkab Karawang Lambat Perbaiki Jembatan di Dusun Sompek Hingga Ambruk


Foto : Jembatan di dusun Sompek desa Tanjungpakus yang luput dari perhatian pemerintah daerah Karawang.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Terjadi lagi di wilayah Karawang Utara. Akibat kurangnya perhatian dari pemerintah Kabupaten Karawang, Jembatan yang berlokasi di Galian Mantri dusun Sompek RT/RW 002/009 desa Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya, akhirnya ambruk karena struktur bangunan jembatan sudah tua dan lapuk, pada Sabtu (28/5/2022) pagi.

Diketahui, jembatan tersebut sudah bertahun tahun belum mendapat perbaikan dan kondisinya memang sudah lapuk dimakan usia dan sudah rusak. 

Dengan ambruknya jembatan tersebut, aktivitas warga terhenti karena jembatan ini merupakan akses jalan satu-satunya bagi warga.

Tokoh masyarakat desa Tanjungpakis, bernama Dede berharap kepada pemerintah desa Tanjungpakis, Pemerintah Kecamatan Pakisjaya dan Pemkab Karawang melalui dinas terkait untuk segera memperbaiki jembatan yang ambruk tersebut.

"Mulai hari ini, masyarakat dusun Sompek desa Tanjungpakis tidak lagi bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Dengan adanya kejadian ini sangat-sangat mengganggu perekonomian masyarakat," ujar Dede pada jurnalis nuansametro.co.id. Sabtu (28/5/2022).

Menurutnya, sebelum jembatan tersebut ambruk, selain jembatan sudah rusak atau tidak layak, bagian tengah jembatan sudah mengalami penurunan akibat bagian pondasi sedikit amblas. Bahkan saat hujan deras melanda, jembatan tidak kuat menahan derasnya arus sungai.

"Saya mewakili masyarakat dusun Sompek desa Tanjungpakis, sangat berharap pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas PUPR Karawang segera memperbaiki jembatan yang ambruk. Jembatan ini satu satunya akses jalan yang warga gunakan untuk beraktivitas sehari-hari," harapnya. 

• Abdul R