= Tiur Zuliyanti Simatupang : "Wali Kota dan Sekda Binjai, Diduga Sudah Melakukan Kejahatan Dalam Jabatan" - Nuansa Metro

Tiur Zuliyanti Simatupang : "Wali Kota dan Sekda Binjai, Diduga Sudah Melakukan Kejahatan Dalam Jabatan"


Foto : Salah satu pegawai di Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara yang menerima laporan dari Tiur Zuliyanti Simatupang.

www.nuansametro.co.id– Binjai
Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) sebagai produk Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara yang di serahkan Ombudsman RI kepada Wali Kota Binjai, yang saat itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Binjai di kantor Ombudsman RI pada taggal 18 Maret 2022. Sampai berita ini di turunkan tidak di Gubris. 

Bahkan, LAHP itu dianggap sumir oleh Tiur Zuliyanti Simatupang sebagai pelapor, hal itu diungkapkannya kepada awak media, Selasa ( 24/05/2022).

Tiur Zuliyanti mengungkapkan, bahwa Amir Hamzah. M.AP dan H.Irwansyah Nasution. S.Sos masing-masing selaku Wali Kota Binjai dan Sekretaris Daerah Binjai, diduga sudah melakukan kejahatan dalam Jabatan.

"Hal itu lantaran mereka tidak melakukan tanggung jawab jabatan, ini terbukti dilakukan kedua pejabat yang dimaksud dengan mengabaikan LAHP Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara,” katanya.

Menurutnya, LAHP sebagai produk Ombudsman RI sebagaimana dijelaskan dalam bagian umum Undang-undang nomor.37 tahun 2008 tentang Ombudsman RI bahwa di dalam LAHP ada disebut “Magistrature of Influence", artinya kepada para pihak baik pelapor dan terlapor ada hal-hal yang “diminta” oleh Ombudsman untuk di laksanakan, dipatuhi dan dikerjakan.

Tiur menambahkan, bahwa tanggung jawab jabatan berkenaan dengan keabsahaan tindakan hukum pemerintahan, yang dilakukan oleh pejabat untuk dan atas nama jabatan.

"Artinya bahwa Amir Hamzah M.AP dan H.Irwansyah Nasution S.Sos sebagai atasan langsung Adri Rivanto ASN Pemko Binjai bertanggung jawab terhadap LAHP dan atau Regulasi ASN, yang mengancam Adri Rivanto atas perbuatannya melawan hukum Kepegawaian dan Undang-Undang Perkawinan,” ujarnya lagi.

Dia menuding, sikap arogansinya Adri Rivanto sebagai terlapor sekaligus sebagai mantan suami Tiur Zuliyanti yang menyebabkan perkara ini tak kunjung selesai, ditambah sikap acuh tak acuhnya Amir Hamzah dan H. Irwansyah Nasution. 

"Masing-masing selaku Wali Kota dan Sekda Kota Binjai menambah kasus ini menjadi tak berujung,” pungkasnya.

• Romson Nainggolan