= Tahun Ini, Pelaksanaan Pemilihan PAW Kades Cilewo Akan di Gelar - Nuansa Metro

Tahun Ini, Pelaksanaan Pemilihan PAW Kades Cilewo Akan di Gelar


Foto : Rapat Pembahasan Pemilihan PAW Desa Cilewo Kecamatan Telagasari, Jum'at (13/5).

www.nuansametro.co.id - Karawang
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang menggelar rapat pembahasan pemilihan antar waktu Kepala Desa Cilewo, di ruang rapat DPMD Kabupaten Karawang, Jum'at (13/5/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh pihak DPMD Kabupaten Karawang, Camat Telagasari, Pemerintah Desa Cilewo dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cilewo. 

Diketahui, sepeninggal Kades Abun Bunara yang terpilih dari hasil Pemilihan Kepala Desa di Karawang pada tahun 2021 meninggal dunia pada 16 Mei 2021 lalu dikarenakan akibat sakit.

Otomatis mengakibatkan adanya kekosongan jabatan Kades. Akhirnya tidak berselang waktu lama, Pemerintah Desa Cilewo Kecamatan Telagasari memiliki Kepala Desa (Kades) berstatus Penjabat Sementara (PJs). 

Status PJs hingga kini, di sandang oleh Staff Pemdes DPMD Karawang, Nunu Nugraha, hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 141.1/Kep.375-Huk/2021 tentang pengesahan pemberhentian dengan hormat kepala desa dan pengangkatan Penjabat Sementara Kades Cilewo tertanggal 26 Juli 2021 lalu.

Pjs Kades Cilewo, rencananya akan menjalankan tugas sampai dengan terpilihnya Kepala Desa baru hasil pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) melalui Musyawarah Desa (Musdes). 

Namun, sayangnya hingga saat ini, Pergantian Antar Waktu Kepala Desa Cilewo Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang masih terkatung-katung belum ada tanda-tanda hal tersebut akan dilaksanakan.

Alhasil, dalam rapat yang digelar antara DPMD, Camat Telagasari, Pemerintah Desa Cilewo dan BPD Desa Cilewo, menghasilkan keputusan, bahwa pelaksanaan PAW Kades Cilewo akan segera di laksanakan dalam beberapa bulan ke depan.

Tentunya, masyarakat Desa Cilewo sangat menyambut baik rencana akan dilaksanakannya pemilihan PAW Kades Cilewo. Salah satunya, D. Sutedjo MS, warga desa Cilewo, dirinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Karawang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karawang, yang sudah menerima kembali ajuan BPD Desa Cilewo Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang, untuk melaksanakan pemilihan PAW Kepala Desa di Desa Cilewo. 

"Mudah-mudahan pemilihan Pergantian Antara Waktu (PAW) Kepala Desa Cilewo segera di laksanakan. Informasinya, kemungkinan akan digelar sekitar bulan Agustus 2022, karena tahapannya di mulai dari Bulan Juni, Juli, Agustus"  ucap Sutedjo kepada jurnalis Nuansa Metro, Jum'at (13/5/2022).

Dirinya menuturkan, kepada siapapun masyarakat desa Cilewo, yang menginginkan untuk menjadi calon Kepala Desa Cilewo sah-sah saja. Siapapun berpeluang untuk menjadi Kepala Desa Cilewo, namun pada intinya jangan sampai ada konflik kembali seperti sebelumnya.

"Karena jika terjadi ada konflik atau tidak kondusif, kemungkinan pemerintah daerah Kabupaten Karawang akan mengundurkan kembali pelaksanaan pemilihan PAW Desa Cilewo" terangnya.

"Apalagi beberapa waktu lalu sempat ada yang mengajukan penggantian PJs  Kades Cilewo, tentunya menurut saya hal itu tidak benar dan salah, karena PJs itu tidak bisa di ganti sebelum pelaksanaan pemilihan PAW yang menghasilkan Kepala Desa Definitif"  tambahnya.

Sutedjo mengajak kepada masyarakat Desa Cilewo, agar mensukseskan pesta demokrasi ini. Karena siapapun yang akan mengikuti pentas politik untuk mencalonkan sebagai Kepala Desa semuanya berhak sebagai masyarakat desa Cilewo.

"Saya sarankan kepada pemerintah Desa Cilewo terutama BPD, jalankan aturan dengan semaksimal mungkin, dan jangan pernah takut jika ada ancaman dari kiri ataupun kanan. Jalankan sesuai dengan koridor yang telah di tetapkan, demi terlaksananya pesta demokrasi pemilihan PAW di Desa Cilewo yang sesuai aturan dan mekanisme yang telah ditetapkan"  saran Sutedjo.

Lebih lanjut Sutedjo mengungkapkan, pihaknya sangat mensupport kepada BPD Desa Cilewo, untuk melaksanakan pemilihan PAW Kepala Desa Cilewo yang terbuka dan bersih.

"Sekali lagi saya mohon jaga kondusifitas sampai dengan hari pelaksanaan PAW Desa Cilewo.
Siapapun yang akan menjadi Kepala Desa Cilewo, yang penting bertujuan untuk memajukan Desa Cilewo lebih baik untuk kedepannya". Pungkasnya.

• Tata/Red