= Sejumlah Agenda Akan Digelar Disparbud Kabupaten Karawang, Mulai Dari Expo Travel Hingga Moka 2022 - Nuansa Metro

Sejumlah Agenda Akan Digelar Disparbud Kabupaten Karawang, Mulai Dari Expo Travel Hingga Moka 2022


Foto : Diskominfo Karawang.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Sejumlah agenda akan digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, mulai Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Karawang 2022, West Java Calendar of Event (WJCOE) 2022, dan dalam waktu dekat ini akan ada Expo Travel yang dilaksanakan pada September mendatang.

“Tahun ini ada beberapa event di Disparbud, pertama itu ada di September ada Expo Travel, rencananya nasional, jadi Disparbud bekerjasama dengan ASPPERWI Kabupaten Karawang. Akan memperkenalkan semua tempat wisata di Karawang, jadi tujuan secara resmi memperkenalkan wisata melalui travel di Karawang, juga kita menggandeng ekonomi kreatif, UMKM supaya lebih terkenal lagi karena yang datang itu se-nasional,” ujar Kepala Bidang Pemasaran pada Disparbud Kabupaten Karawang, Dadan Hendrayana, Jumat (27/5/2022).

Dia menuturkan, Expo Travel melibatkan 27 kabupaten/kota di Jawa Barat dan nantinya akan diselenggarakan di Mall Technomart Karawang.

“Jadi dalam Expo Travel ini dilibatkan 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, dan kita berharap semua provinsi bisa ikut ke dalam expo ini, khusus di Karawang dilaksanakan pada September di Mal Technomart,” ucapnya.

Kemudian, lanjut dia, pada event WJCOE 2022, Desa Wisata Sedari menjadi salah satu tempat wisata dari 50 event kegiatan kalender yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Untuk Kabupaten Karawang sendiri masuk event kegiatan itu di kegiatan Festival Perahu Cantik Goyang Karawang, rencana pelaksanaannya di Pantai Sedari mulai nanti di November tahun ini, 2022,” kata dia.

Menurutnya, dengan didukungnya Perda Desa Wisata, pihaknya bisa terus berupaya dalam membangun potensi wisata yang ada di desa-desa di wilayah Kabupaten Karawang.

Selain itu, yang ditunggu-tunggu oleh warga Karawang khususnya para milenial yakni pelaksanaan Moka Kabupaten Karawang 2022. Dadan menerangkan, kegiatan tersebut akan segera dilaksanakan pada tahun ini.

“Moka rencana mau diselenggarakan tahun sekarang, hanya saja tahun ini Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Karawang (PMJK) yang mengadakan, ketua baru, istilahnya ingin mengadakan sebagai program kerja, mereka mau mengadakan pemilihan Mojang Jajaka tahun 2022 ini,” ungkapnya.

“Jadi murni pure dari mereka, bukan dari dinas, kita di dinas support, ya mungkin nanti sedikit agak berbeda, dikasih tahu dulu mungkin bahwa nanti ada uang pendaftaran dan sebagainya, jadi kalau dulu dinas yang mengadakan tidak dipungut biaya, untuk sekarang PMJK yang mengadakan akan dipungut biaya, karena itu tadi, mereka mengadakannya secara mandiri,” imbuhnya.

• rls/Wie