= Proyek Pembangunan Tembok Penahan Tanah di Desa Kalangsari Di Sambut Baik Warga - Nuansa Metro

Proyek Pembangunan Tembok Penahan Tanah di Desa Kalangsari Di Sambut Baik Warga


www.nuansametro.co.id - Karawang, Proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Karajan RT 005/001 Desa Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok Karawang, yang di kerjakan Oleh CV Bukit Sentosa, mendapatkan apresiasi warga dan pemdes setempat.

Proyek TPT yang bersumber dari Dana APBD tersebut memiliki volume 2×167,50×0,80 dan di kerjakan sudah sesuai standar yang di tentukan aturan.

Seperti yang sudah di atur dalam aturan Perpres No 54 Tahun 2010 dan Perpres No 70 Tahun 2012 menjelaskan bahwa, dalam setiap proyek fisik wajib memasang papan nama yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, mulai pengerjaan, pelaksana proyek, nilai kontrak, dan jangka waktu pengerjaan sampai dengan selesai. 

Dan selain itu pula warga dan masyarakat desa pun tahu tentang pembangunan yang sedang di laksanakan di lingkungannya.

Pasalnya aparatur Desa setempat dari RT beserta RW setempat pun selalu ikut memonitoring pekerjaan tersebut. 
Seperti yang tertuang di dalam Pasal 82 UU No 6 Tahun 2014 tentang hak masyarakat desa, bahwa 
a.) Masyarakat desa berhak mendapatkan informasi mengenai rencana dan pelaksanaan pembangunan desa.
b.) Masyarakat desa berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembangunan desa.
c.) Masyarakat desa melaporkan hasil pemantauan dan berbagai keluhan terhadap pelaksanaan pembangunan desa kepada pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.
d.) Masyarakat desa berpartisipasi dalam Musyawarah desa untuk menanggapi laporan pelaksanaan pembangunan desa.

Ketika awak media meninjau langsung ke lokasi pekerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Karajan RT 005/001 terlih sudah sesuai dengan aturan yang di tentukan.

Arifin selaku Ketua RW setempat, ketika dikonfirmasi oleh awak media perihal pekerjaan tersebut mengatakan, bahwa dengan adanya pembangunan turap tersebut sudah sangat membantu. 

"Pasalnya di sekitar area tersebut jika musim penghujan datang sering terjadi banjir dan banyak genangan air, karena tidak adanya saluran pembuangan air,"  pungkasnya.

Hal yang senadapun di katakan oleh Deni selaku Ketua RT, menurutnya, dengan adanya pembangunan turap tersebut itu sangat membantu warga sekitar, karena itu memang yang di butuhkan oleh warga, karena sebelumnya jika musim hujan datang suka terjadi banjir dan banyak genangan air.

"Dengan adanya pembangunan turap ini warga pastinya sudah tidak akan merasa khawatir lagi jika musim hujan datang",  imbuhnya.

Pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karawang dan pihak-pihak terkait  yang sudah memberikan pembangunan turap di wilayah dusun ini

• Asep. S