= Pemkab Karawang Dituding Lemah Dalam Melobi Pemprov Jabar - Nuansa Metro

Pemkab Karawang Dituding Lemah Dalam Melobi Pemprov Jabar


Foto : Kondisi ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok yang sudah rusak.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Masyarakat Kecamatan Rengasdengkok Kabupaten Karawang, sudah cukup lama mengeluhkan kondisi jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Jawa Barat yang sudah lama dibiarkan rusak. 

Akibat lama dibiarkan dan tidak pernah dilakukan hingga kini, akibatnya para pengguna jalan merasa terganggu dan tidak nyaman. Bahkan kecelakaan disepanjang jalan tersebut sering dialami oleh para pengguna sepeda motor, apalagi bila hujan turun hingga mengakibatkan jalanan menjadi licin.

Hal tersebut mendapat tanggapan serius dari Sekjen LSM Kompak Reformasi, Pancajihadi Al Panji, saat di wawancarai jurnalis Nuansa Metro, mengatakan, pihaknya menyesalkan atas sikap Pemkab Karawang, yang terkesan lamban mengajukan perbaikan ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok itu ke Pemprov Jabar.

"Seharusnya masyarakat tidak perlu menyalahkan pihak anggota DPRD provinsi dapil Karawang Purwakarta dan pemerintah provinsi Jawa Barat dalam hal ini Gubernur. Saya rasa ini masalah lobi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Karawang yang terkesan lamban dan kurang cepat dalam hal pengajuan perbaikan ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok itu"  ungkap Panji, Senin (9/5/2022).

Menurut Panji, bila melihat langkah pemerintah daerah kabupaten Karawang dalam hal pengajuan perbaikan ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok itu sangat lemah dan terkesan tidak di prioritaskan. 

Foto : Sekjen LSM Kompak Reformasi, Pancajihadi Al Panji.

"Kita lihat saja, contoh pengajuan terkait perbaikan Alun-alun Karawang yang sudah terjadwalkan pembangunannya, jembatan Rumambe, itukan mendapat kucuran dari provinsi juga. Namun kenapa, ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok itu lamban dan terkesan kurang diperhatikan"  terang Panji.

Panji juga menyesalkan kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karawang, Dedi Ahdiat, padahal dirinya hampir setiap hari melewati jalan tersebut.

"Harusnya Kadis PUPR Kabupaten Karawang juga lebih peka dan lebih intens dalam hal mendorong pihak Pemkab Karawang untuk melobi pihak Pemprov Jabar, untuk segera memperbaiki ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok itu. Apalagi Dedi Achdiat setiap hari melewati jalan tersebut. Dia kan rumahnya di Batujaya, tentunya setiap hari melihat kondisi seperti itu"  ucap Panji 

Panji mengingatkan, agar pihak pemerintah daerah kabupaten Karawang agar serius memperjuangkan aspirasi masyarakat kecamatan Rengasdengklok dan sekitarnya, untuk mendesak agar pihak pemerintah provinsi Jawa Barat secepatnya dan sesegera mungkin memperbaiki ruas jalan tersebut.

"Jangan salahkan masyarakat Rengasdengklok, bilamana ada aksi atau petisi terkait lambannya penanganan perbaikan ruas jalan Tanjung Pura menuju Kecamatan Rengasdengklok itu. Jangan juga, sampai menunggu banyaknya korban kecelakaan, akibat dari rusaknya ruas jalan tersebut"  jelasnya.

"Kalau memang Pemda Karawang serius dan peduli, kita bisa lihat perjuangan Bupati Celica dalam melobi. Bila dicuekin oleh pihak Pemprov Jabar, ya sebaiknya jalan Tanjung Mekar - Rengasdengklok, diambil saja menjadi aset Pemda Karawang dan untuk selanjutnya menjadi tanggung jawab Pemda Karawang. Kita jangan melulu menyalahkan Anggota DPRD Provinsi dan Gubernur Jawa Barat. Sekali lagi kita lihat, sejauh mana perjuangan Pemda Karawang melobi pemprov Jabar"  Pungkasnya.

• NP