= Mobil Siaga Desa Cikidang Majalengka, Siap Melayani Kebutuhan Warga 24 Jam - Nuansa Metro

Mobil Siaga Desa Cikidang Majalengka, Siap Melayani Kebutuhan Warga 24 Jam


Foto : Mobil Siaga milik Desa Cikidang Majalengka.

www.nuansametro.co.id - Majalengka
Pemerintah Desa Cikidang, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, membuat terobosan baru dengan menyediakan layanan warga berupa mobil siaga. 

Mobil yang dibeli melalui dana desa tersebut, telah disiapkan layaknya mobil kesehatan. Mobil yang terparkir di halaman kantor desa setempat, siap kapan pun digunakan warga untuk keperluan darurat.

“Pengadaan mobil siaga merk Suzuki APV ini, baru dibeli pada bulan mei tahun ini. Mobil Siaga ini dibeli dengan harga Rp 225 juta sudah termasuk pajak yang diambil dari Dana Desa tahap II tahun 2022,” kata Kepala Desa Cikidang, Diding Saefudin saat ditemui di kantornya, Sabtu (21/05/22).

Diding Saefudin menjelaskan, pengadaan mobil siaga dirasakan cukup mendesak, guna memaksimalkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Guna menunjang operasional mobil itu, pemdes juga telah menyediakan tenaga pengemudi. Mereka disiagakan 24 jam manakala ada warga yang sewaktu-waktu membutuhkan mobil tersebut. Selain untuk mengantar warga yang sakit, mobil itu juga bisa dipakai untuk keperluan lainnya," kata Diding.

Dia menambahkan, dengan disediakan mobil siaga, warga sudah bisa memanfaatkan kendaraan tersebut. Bahkan, pihak pemerintah desa menggratiskan bagi warganya, selagi keperluan tersebut masih di seputar wilayah Kabupaten Majalengka. 

"Kalau untuk keperluan luar kota, biaya operasional ditanggung oleh warga sebagai peminjam," imbuhnya.

Diding mengemukakan, dengan adanya mobil siaga ini, diharapkan pelayanan di desanya semakin baik. Apalagi, keberadaan mobil tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu warga yang selama ini membutuhkan bantuan kendaraan mengingat Desa Cikidang lokasinya cukup jauh ke pusat kota kabupaten. 

• Soni WS