= Kades Sukaluyu Hj. Lina Herlina, Mengajak Warga Waspada Terhadap Stanting Dan Hepatitis Akut - Nuansa Metro

Kades Sukaluyu Hj. Lina Herlina, Mengajak Warga Waspada Terhadap Stanting Dan Hepatitis Akut


Foto : Kades Sukaluyu, Hj. Lina Herlina meninjau langsung kegiatan Posyandu Sakura 5, di RW 05 Blok D Dusun V Perummas Bumi Telukjambe.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Kepala Desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe Timur, kabupaten Karawang, Hj. Lina Herlina meninjau  langsung kegiatan Posyandu Sakura 5, di RW 05 Blok D Dusun V Perummas Bumi Telukjambe dan menghimbau  agar masyarakat waspada terhadap  penyakit Hepatitis akut dan Stanting  ( Giji buruk).

Kades juga meninjau kebon tanaman obat keluarga (Toga) karya relawan Posyandu Sakura 5, Selasa (17/5/22).

Menurut Hj. Lina Herlina yang didampingi Kadus V Syarif Hidayat menjelaskan, peran serta relawan posyandu sebagai sentral kesehatan lingkungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu tugas bidan desa di lingkungan masyarakat,  tugas pokoknya membantu menyehatkan ibu, anak dan lansia.

"Kami mohon agar para relawan  Posyandu mendata dan melaporkan ke desa apabila ada bayi atau anak giji buruk (stanting). Alhamdulillah, di lingkungan Posyandu Sakura 5 guyub dan rukun dalam mengemban tugas sosial" jelasnya. 

Dikatakan Kades, saat ini pemerintah pusat, propinsi, kabupaten/kota dan pemdes sedang konsen memantau  stanting ( giji buruk), bagi anak balita serta wabah penyakit Hepatitis akut  anak dibawah usia 16 tahun.

"Alhamdulillah, di wilayah desa Sukaluyu belum ditemukan kedua varian penyakit tersebut, namun demikian kita harus waspada terhadap  gejala hepatitis akut seperti penyakit kuning, diare, mual, nyeri perut dan  demam. Untuk itu kita tetap menjaga  kesehatan balita dan anak dibawah 16 tahun tidak tertular hepatitis, mudah-mudahan anak balita yang ada di desa Sukaluyu semuanya sehat" ungkap Hj. Lina Herlina.

Sementara itu Ketua Posyandu Sakura V Nina Ms Boli yang didampingi sekretaris Hilnita dan Nanik  menambahkan, bahwa kondisi kesehatan balita dan masyarakat lingkup RW 05, saat ini kondisinya baik dan belum ditemukan stanting dan Hepatitis akut.

"Kami beserta relawan Posyandu Sakura 5 dan bidan desa, secara kontinyu melayani pemeriksaan dan penimbangan dan pemberian vitamin untuk kesehatan ibu dan anak balita sesuai instruksi Kades Sukaluyu Hj Lina Herlina, serta mengajak masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih," ujarnya.

Usai melakukan peninjauan kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal di kediaman Ketua posyandu Sakura 5.

• RF/Fan