= Cegah DBD, Kades Sukaluyu Himbau Warganya Untuk Kerja Bakti Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan - Nuansa Metro

Cegah DBD, Kades Sukaluyu Himbau Warganya Untuk Kerja Bakti Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan


www.nuansametro.co.id - Karawang
Kepala desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe Timur, mengingatkan warganya untuk rutin melakukan 3 M dan pola hidup bersih serta sehat (PHBS) guna mencegah penyakit DBD yang saat ini mulai mewabah.

"Pemerintah Desa Sukaluyu sudah membuat surat himbauan 3M terhadap 5 dusun, agar disampaikan ke 21 RW dan masyarakat"  ucap Hj. Lina Herlina didampingi Sekdes Heri Herdina, Sabtu ( 28/5/22).

Menurut Hj. Lina, bahwa pada pekan sebelumnya ada warga Perumnas  yang positif terjangkit demam berdarah dengue, akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Saat itu, ajaran pemdes Sukaluyu sigap  langsung melakukan pengasapan dengan cara fogging sarang nyamuk  seluruh rumah dan lingkungan yang terjangkit, agar tidak menular kepada warga lainnya.    

"Kita sudah fogging sarangnya agar  nyamuk dan telurnya mati"  terangnya.

Dikatakan Hj. Lina, dalam cuaca saat ini dihimbau agar pengurus lingkungan RW dan RT barsama warganya untuk giat kerja bakti. Membersihkan got, saluran air yang mampet, membabat rumput yang menjadi sarang nyamuk dan menguras bak mandi, gentong air serta tempat penampungan air, menutup tempat air dan mengubur barang bekas, agat tidak menjadi sarang nyamuk.

"Semua warga Sukaluyu, senantiasa menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari wabah DBD. Isnyaa Allah, apabila disiplin dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, tidak ada lagi warga yang terjangkit"  harapnya.

• Irfan Sahab