= Calon Kandidat M. Jaming : "Aroma Bagi-Bagi Uang Menjelang Pemilihan PAW Kades Telukambulu Makin Kuat" - Nuansa Metro

Calon Kandidat M. Jaming : "Aroma Bagi-Bagi Uang Menjelang Pemilihan PAW Kades Telukambulu Makin Kuat"


Foto : Salah satu calon kandidat dalam pemilihan Kepala Desa PAW desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pemilihan Antar Waktu(PAW) Desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, situasi nya sedikit memanas, apalagi dengan adanya dugaan pengkondisian masa pendukung oleh oknum RT, untuk diarahkan mendukung salah satu calon kandidat pengganti Kepala Desa Telukambulu.

Hal itu di ungkapkan salah satu calon kandidat Kepala Desa Telukambulu, Muhammad Jaming.

"Ada salah satu calon kandidat kades ini didukung sama RT, bahkan dibuatkan kalender untuk peragaan masa kampanye,"  Ucap Muhamad Jaming, saat di wawancara nuansametro.co.id, di halaman kantor desa Telukambulu, Sabtu (28/5).

Masih menurut Jaming, bahwa ada juga dugaan oknum tokoh guru, yang mengkondisikan masa pendukung untuk mensukseskan salah satu kandidat calon dengan memberikan uang ke setiap para pemilih.

"Saya juga menduga ada salah satu tokoh guru ditunjuk oleh salah satu kandidat calon kades ini, untuk mengkondisikan masa pendukung, dengan membagi-bagikan uang kepada para pemilih. Bahkan aroma nya makin kuat tuh."  Ungkapnya.

Lebih lanjut Muhammad Jaming mengatakan, untuk mekanisme dan peraturan sudah sesuai, namun sangat disayangkan ketika ada pengkondisian masa oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, salah satunya oleh oknum RT dengan mendata tanpa diketahui orangnya dan disetujui oleh panitia penyelenggara Pemilihan Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Telukambulu.

"Adapun mekanisme dan peraturan sudah benar, namun adanya pengkondisian dibawah ini benar-benar dikondisikan oleh RT setempat, harusnya RT itu selektif dikasih tau bahwa ini tokoh agama, ini tokoh petani, tapi kenapa tiba-tiba si A, si B dicatat tanpa diketahui orangnya dengan diberikan dan disetujui oleh panitia. Saya berharap untuk panitia jangan memaksakan kalau ini tidak kondusif, lebih baik ditiadakan saja,"  Papar Jaming.

Sementara masih di tempat yang sama, Camat Batujaya Irlan Suarlan, S.STP, S.MI mengatakan, bahwa untuk menyampaikan aspirasi adalah hal yang wajar, dirinya juga menyampaikan bahwa akan mendukung panitia penyelenggara Pemilihan Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Telukambulu, selama panitia tersebut menjalankan tahapan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

"Kalau saya intinya tadi ini kan sudah berjalan on the track, diharapkan kalau ada aspirasi bolehlah, wajar dan sah-sah saja. Tetapi tetap panitia kita dukung, sepanjang tahapan itu sesuai aturan yang sudah dibuat dan ditetapkan,"  Tegas Irlan.

Camat Irlan pun berharap, Pemilihan Antar Waktu (PAW)di desa Telukambulu berjalan aman dan kondusif, serta menghasilkan tokoh yang di harapkan oleh warga desa Telukambulu. 

"Saya berharap Pemilihan Antar Waktu  selama tahapan ini berjalan lancar dan kondusif, dan semoga bisa menghasilkan tokoh yang disepakati oleh masyarakat, bahwa dia benar-benar tokoh sesuai harapan masyarakat desa Telukambulu,"  Pungkasnya.

• Asep Kurniawan