= Wakil Ketua DPD LPKP2HI Jabar : "Diduga Ada Orang Kuat Dibelakang Pelaku Pungli di Jalur Parung dan Leuwiliang" - Nuansa Metro

Wakil Ketua DPD LPKP2HI Jabar : "Diduga Ada Orang Kuat Dibelakang Pelaku Pungli di Jalur Parung dan Leuwiliang"


www.nuansametro.co.id - Bogor
Wakil ketua DPD Lembaga Pengawas Korupsi dan Pemantau Penegak Hukum Indonesia (LPKP2HI) Jawa Barat, Jarkasih, SH, pun angkat bicara dan menanggapi seluruh pertanyaan dari awak media dengan hasil temuannya terkait pungutan liar (pungli) yang di lakukan oleh beberapa oknum yang mengatasnamakan Team Pemelihara Jalan (TPJ).

"Pungli yang di lakukan oleh beberapa oknum orang yang kuat untuk melakukannya dengan mengatas namakan Team Pemelihara Jalan ( TPJ ) dan itu tidak di benarkan, sedangkan TPJ sudah di anggarkan di Dinas terkait. Yaitu PUPR UPT jalan wilayah Parung atau UPT jalan dan jembatan wilayah Leuwiliang," tuturnya.

Jarkasih pun menyayangkan dengan apa yang di lakukan oleh oknum masyarakat yang diduga mengambil keuntungan pribadi atau kelompok, diduga dengan mengatasnamakan sebagai petugas TPJ.

"Yang menjadi pertanyaan, dapat perintah dari mana mereka, hingga berani mengutip pungli di Jalan raya Leuwi Ranji Desa Suka Mulya Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor,"  ungkap Jarkasih.

Dia menambahkan, kalau tidak ada orang kuat dibelakangnya, mana berani para oknum itu berani melakukan dugaan pungli. 

Jarkasih pun mendesak kepada aparat penegak hukum untuk menindak para oknum tersebut. Siapapun dibalik semua itu harus diberikan tindakan,
karena itu merugikan masyarakat kecil, yang kerjanya sebagai sopir truk, hanya untuk melintasi jalan tersebut dipungut sebesar 25 ribu persatu armada truk dalam 1 kali melintas. 

"Dan seharusnya jangan sopir atau perusahaan yang di salahkan, karena anggaran pemeliharaan untuk jalan sudah di anggarkan oleh Dinas PUPR." Tegas Jarkasih.

"Diduga dalam kegiatan pungli di jalan Leuwi Ranji kuat ada oknum aparat yang mengangkangi, tidak mungkin mereka berani melakukan kalau tidak ada yang membekingi kegiatan dugaan pungli di jalur tersebut," Tandasnya.

Jarkasih meminta kepada Polda Jawa Barat, untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap oknum pungli di jalan Leuwi Ranji Desa Suka Mulya kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor propinsi Jawa Barat, agar wilayah tersebut bersih dari kegiatan pungli yang di lakukan oleh oknum yang menguntungkan diri sendiri atau orang lain. 

"Kami berharap, Polda Jabar untuk menindaklanjuti adanya dugaan pungli di jalur Leuwi Ranji Desa Suka Mulya kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Agar masyarakat tidak dirugikan oleh para oknum-oknum tersebut"  tegasnya.

• Sudirman/Oya