= Perguruan Silat Pagar Nusa Cabang Karawang Menggelar Konferensi Cabang Ke 3 - Nuansa Metro

Perguruan Silat Pagar Nusa Cabang Karawang Menggelar Konferensi Cabang Ke 3


www.nuansametro.co.id - Karawang
Perguruan Silat Pagar Nusa menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) dengan agenda pengumuman pengurus baru. Sesuai dengan agenda dan persiapan, Konfercab Pencak Silat yang juga Banom (Badan Otonom) Nahdlatul Ulama yang digelar pada pertengahan April 2022.

Dalam rangka penyegaran organisasi, Pencak Silat Nadhatul Ulama Pagar Nusa Cabang Kabupaten Karawang menggelar Konferensi Cabang (konfercab) ke-3 yang bertempat di aula Kantor Desa Duren Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, Selasa (19/04/2022).

Konfercab ke-3 yang bertajuk, 'menjadikan Pencak Silat sebagai salah satu pilar Jati Diri bangsa wadahnya warga Nahdliyin yang memiliki bakat dan minat di bidang Olah Raga, Seni, Prestasi dan Bela Diri berdasarkan nilai-nilai Islam Akhlussunah Wal Jama'ah Annahdliyah'

Hadir dalam acara konfercab Ketua PW Pagar Nusa Jawa Barat H. Asep S Saifuidin Millah, Ketua PC Pagar Nusa Kabupaten Karawang lama sekaligus merupakan Kepala Desa Duren H. Abdul Halim Sukhaeri SH, Ketua PC Pagar Nusa Kabupaten yang baru terpilih Muhidin, dan beberapa PAC.

Ketua PC Pagar Nusa Kabupaten Karawang Muhidin, menjabarkan dengan perombakan dari struktur pembinaan organisasi PC Pagar Nusa Kabupaten Karawang berdasarkan dari hasil musyawarah dari 30 PAC, dan dasar alasan dirinya terpilih atau ditunjuk itu pun dari hasil musyawarah di 30 PAC dan yang setuju sekitar 21 PAC atau hampir 85 % memilih dirinya.

"Mengacu dari hasil keputusan kongres atau dari keputusan lainnya, untuk dijadikan dasar dalam penetapan kebijakan bagi pengembangan dan pembinaan Pencak Silat NU Pagar Nusa. Serta saya terpilih sebelumnya telah dilakukan terlebih dahulu secara musyawarah bersama 30 PAC dan yang yang menyepakati saya, ada 21 PAC." Tutupnya

Asep Millah mengatakan, eksistensi Pagar Nusa Kabupaten Karawang hampir sudah 15 Tahun dan dalam Konfercab III, selama 2 Periode yang sudah dijabat Ebeh Halim dan secara aturan tidak diperbolehkan kembali menjabat akhirnya dari hasil musyawarah mufakat menunjuk Muhidin sebagai Ketua terpilih.

"Secara musyawarah mufakat dari beberapa PAC yang hadir maka Muhidin ditunjuk sebagai ketua PC Pagar Nusa Kabupaten Karawang Periode 2022-2027" kata Asep.

Asep Milah memaparkan Program Pagar Nusa ke depan yang sejatinya merupakan organisasi yang bergerak di bidang seni bela diri kebudayaan ketabiban, serta olahraga. 

Di dalam waktu 100 hari pertama, akan menekankan kepada pengurus baru untuk menyelesaikan dalam Kepengurusan PAC di setiap Kecamatan Kabupaten Karawang.

"Kita akan konsentrasi terhadap warisan budaya Nusantara yaitu, pencak silat dimana kita akan tingkatkan lagi pencak silat di Kabupaten Karawang dan di samping kita motonya 'Bela Kyai Sampai Mati' kita juga berprestasi, yang mandiri akan ikut disetiap event-event pertandingan pencak silat di Kabupaten Karawang," ujarnya.

Disinggung perihal anggaran dan bentuk perhatian PCNU dan Pemkab Karawang, Asep mengaku belum pernah mendapatkan sepeser pun mendapatkan bantuan resmi dari pemerintah yang mengalir terhadap Pagar Nusa.

"Jadi kita memang mandiri dan bermartabat dan kita tidak akan meminta kepada pemerintah tapi pemerintah daerah harusnya sadar bahwa kita juga punya hak disitu, namun kita bukan Banom yang cengeng. Akan tetapi semestinya ibarat Orangtua harusnya, mereka lebih tahu terhadap kebutuhan anaknya." Pungkasnya.

• Oya