= Pemprov Jawa Barat Patenkan Tradisi 'Gembrong Liwet' Asal Sumedang - Nuansa Metro

Pemprov Jawa Barat Patenkan Tradisi 'Gembrong Liwet' Asal Sumedang


Foto : Acara tradisi Gembrong Liwet di kabupaten Sumedang.

www.nuansametro.co.id - Sumedang
Gembrong Liwet salah satu tradisi yang biasa di laksanakan menjelang bulan puasa, kini menjadi buruan para pengunjung wisata kuliner dari berbagai daerah, hal ini terlihat dari banyaknya para pengunjung dari beberapa kabupaten dari luar kabupaten Sumedang. 

Bertempat di lapangan Desa Citali Cikubang dengan mengusung tema pengembangan Bumdes Berbasis Perbankan dan Launching Kampung Saint, Acara Tradisi Gembrong Liwet mendapatkan Hak Paten yang langsung di serahkan oleh Pemprov Jawa Barat ke Pemerintahan Desa Citali.

Acara tradisi yang dilaksanakan tahunan ini, menurut Nana Mulyana Kepala Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang  menyatakan, bahwa kegiatan Gembrong Liwet ini sebenarnya tradisi Buhun yang sudah ada sejak lama namun terlupakan.

"Pada tahun 2015 kami mulai  mengangkat kembali kepermukaan acara  Gembrong Liwet ini sebagai  bentuk gotong royong dan kebersamaan dengan semua warga desa Citali khususnya, umumnya Kabupaten Sumedang. Melestarikan budaya desa Citali kembali lagi kepermukaan 2015,” Ucapnya, Kamis (31/3/2022).

Tradisi Gembong Liwet ini di ikuti oleh 25 tim Liwet, memperebutkan beberapa door prize, diawali dengan proses Mirunan, yakni menyalakan api di hawu serentak jam 9.30 dan di akhiri oleh makan bersama dalam Gembrong Liwet ini.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir berharap, tradisi Gembrong ini jangan berhenti di sini saja, lanjutkan dan pertahankan karena ini merupakan tradisi desa Citali apalagi ini sudah di patenkan. 

Dikesempatan ini pula di berikan secara simbolis berupa bantuan keuangan Desa untuk 270 desa di kabupaten Sumedang sebesar 31.1 milyar. Penyerahan peta dasar dan peta kerja digital dan penyerahan piagam pencatatan hak paten tradisi Gembrong Liwet dari Pemerintah kepada desa Citali kecamatan Pamulihan Sumedang.

Kemeriahan acara tahunan ini di hadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat diwakili oleh asisten 1, Bupati dan wakil Bupati Sumedang, Kadis PMD prov Jawa Barat, para Kepala Desa sekecamatan Pamulihan, Camat Pamulihan, Manager Persib Bandung H. Umuh Mukhtar, jajaran pengurus Forum Bumdes Jawa Barat, dan para tamu undangan lainnya.

Laporan :  Dispi / AR