= Pemprov Jabar Melalui Disperindag Karawang, Menggelar Operasi Pasar Murah Bersubsidi Tahun 2022 - Nuansa Metro

Pemprov Jabar Melalui Disperindag Karawang, Menggelar Operasi Pasar Murah Bersubsidi Tahun 2022


Foto : Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang H.A.Suroto, saat operasi pasar di kecamatan Pedes.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karawang menggelar operasi pasar murah bersubsidi tahun 2022, seperti halnya yang di laksanakan di Kecamatan Pedes. Senin (25/04) siang.

Pantauan awak media ini di lapangan, operasi pasar murah bersubsidi Pemerintah Propinsi Jawa Barat tahun 2022 yang di gelar di Kecamatan Pedes di berikan secara simbolis untuk beberapa perwakilan warga, dari masing-masing Desa, bertempat di halaman kantor Kecamatan Pedes dan selanjutnya di distribusikan langsung ke Desa masing-masing. 

Untuk Kabupaten Karawang hanya di laksanakan di Kecamatan Pedes, hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang H.A.Suroto kepada jurnalis nuansa metro.co.id, alasan kenapa Kecamatan Pedes yang di pilih untuk diadakan operasi pasar murah, karena Kecamatan Pedes termasuk kepada kategori kemiskinan ekstrim ada lima Desa termasuk kategori miskin ekstrim.

Dikatakan Suroto, sesungguhnya ini bagian dari upaya pemulihan ekonomi dan membangkitkan daya beli masyarakat, melalui operasi pasar murah. Sehingga daya beli masyarakat meningkat karena harganya bisa terjangkau dan murah bisa separuh dari harga yang berlaku di pasar.

"Salah satu harapan Pemerintah Daerah kabupaten Karawang melalui Disperindag dengan operasi pasar murah ini, bisa menggairahkan ekonomi kerakyatan salah satunya. Nantinya akan mendorong pada penghasil sentra-sentra beras di Jawa Barat bisa mensuplai dan masuk dalam operasi pasar " ucapnya.

Sementara Kabid Industri Agro Kimia Tekstil dan Aneka Disperindag Propinsi Jawa Barat, Arif Muhammad Fajar, ST. MM saat di temui jurnalis nuansametro.co.id, menjelaskan, kegiatan operasi pasar murah ini sebetulnya sudah berjalan tahun 2012 dan berhenti tahun 2019 ketika saat pandemi. 

"Tahun 2022 ini baru di laksanakan kembali. Mudah-mudahan bisa berjalan di tahun tahun berikutnya", ujarnya.

Dilanjutnya, dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat dari keseluruhan ada anggaran bantuan untuk opersi pasar murah sebesar 13 M untuk di sampaikan ke 22 kabupaten dan kota dan khusus di Karawang ini jumlahnya  kurang lebih 5400 paket untuk di sampaikan ke 12 Desa khususnya di Kecamatan Pedes.

"Harapannya, bahwa di saat sekarang pada masa pemulihan ekonomi kemudian juga di hari besar keagamaan nasional ini, sedikit bisa meringankan beban bagi masyarakat untuk bisa membeli bahan paket sembako dengan harga yang lebih murah."  Terang Arif Muhammad.

"Jadi tujuan dan manfaatnya adalah, untuk meringankan beban dari pada masyarakat khususnya di kabupaten Karawang ini" tambah Arif.

• Azis