= Peledakan di Area Port Benete PT. AMNT di Saksikan Oleh Forkompimca Maluk - Nuansa Metro

Peledakan di Area Port Benete PT. AMNT di Saksikan Oleh Forkompimca Maluk


www.nuansametro.co.id - Sumbawa Barat
Forum kordinasi Pimpinan Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat melakukan pemantauan tahap ke 3 kegiatan peledakan di area port Benete PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) guna lokasi perluasan areal Power Plant untuk mendukung listrik dalam pembangunan smelter, pada Jumat (22/4/22) sore.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin,S.IK,.M.IP melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi, S.Sos mengatakan, tim yang terlibat dalam rangkaian kegiatan menjelang peledakan di pantau oleh Kapolsek Maluk Kompol Sidik P,SH.Camat maluk.Danramil Maluk.Sekcam Maluk. Kepala Desa dan Managemen PT. AMNT.

" Sebelum dilakukan peledakan sudah diawali dengan sosialisasi pada tanggal 30 Maret 2022 di Aula Kantor Camat Maluk serta pendataan lokasi yang masuk zona blasting di masing - masing Desa yang terkena dengan radius sekitar 300 meter meliputi wilayah Desa Mantun dan Desa Benete. Selanjutnya dilakukan eksekusi peledakan pada tanggal 22 April 2022." terangnya

Eddy menjelaskan, bahan peledak yang digunakan merupakan bahan peledak low eksplosive dengan kedalaman lubang kurang dari 2 meter. 

Pantauan dilakukan dari 3 titik yaitu (1).Pelabuhan umum Benete.(2). Gate Benete PT. AMNT (3). Desa Mantun Kecamatan Maluk.

"Sedangkan tim assesmen (pendataan lokasi masuk zona blasting Radius terdekat).Adalah Pemerintah Desa Benete dan Desa Mantun,serta melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Benete dan Desa Mantun serta Social Impact PT. AMNT." ujarnya.

Lanjut eddy,sebagai tim pendukung (lokasi kemungkinan terdampak blasting) yaitu Pemerintah Desa Pasir Putih, Desa Maluk dan Desa Bukit Damai.Juga melibatkan masing- masing Bhabinkamtibmas dan Babinsanya.

Selama peledakan berjalan lancar dan aman.

• Surya