= PAW Kades Cilewo Terkatung-Katung, Warga Desak Pemkab Segera Keluarkan Penetapan Pelaksanaan Pemilihan - Nuansa Metro

PAW Kades Cilewo Terkatung-Katung, Warga Desak Pemkab Segera Keluarkan Penetapan Pelaksanaan Pemilihan


Foto : Warga Desa Cilewo, D. Sutedjo. MS saat diwawancarai di kediamannya.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Sepeninggal Kades Abun Bunara yang terpilih dari hasil Pemilihan Kepala Desa di Karawang pada tahun 2021 meninggal dunia pada 16 Mei 2021 lalu dikarenakan akibat sakit.

Otomatis mengakibatkan adanya kekosongan jabatan Kades. Akhirnya tidak berselang waktu lama, Pemerintah Desa Cilewo Kecamatan Telagasari memiliki Kepala Desa (Kades) berstatus Penjabat Sementara (PJs). 

Status PJs hingga kini, di sandang oleh Staff Pemdes DPMD Karawang, Nunu Nugraha, hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 141.1/Kep.375-Huk/2021 tentang pengesahan pemberhentian dengan hormat kepala desa dan pengangkatan Penjabat Sementara Kades Cilewo tertanggal 26 Juli 2021 lalu.

Pjs Kades Cilewo, rencananya akan menjalankan tugas sampai dengan terpilihnya Kepala Desa baru hasil pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) melalui Musyawarah Desa (Musdes). 

Namun, sayangnya hingga saat ini, Pergantian Antar Waktu Kepala Desa Cilewo Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang masih terkatung-katung belum ada tanda-tanda hal tersebut akan dilaksanakan.

Hingga membuat masyarakat Desa Cilewo bertanya-tanya, sekiranya ada hambatan apa yang membuat pelaksanaan Pergantian Antar Waktu Kades Cilewo ini belum juga dilaksanakan. 

Seperti yang diungkapkan salah satu masyarakat desa Cilewo, D. Sutedjo MS, dirinya merasa heran kenapa pihak pemerintah daerah kabupaten Karawang bersama dinas terkait, hingga saat ini belum mengeluarkan surat penetapan untuk pelaksanaan pemilihan PAW kepala desa Cilewo.

"Intinya, saya sebagai warga desa Cilewo meminta kepada Bupati Karawang dan dinas terkait agar secepatnya melaksanakan Penetapan pemilihan Pergantian Antar Waktu jabatan Kepala Desa Cilewo Kecamatan Telagasari. Kami sebagai warga Cilewo mendambakan sosok kepala desa Cilewo walaupun hasilnya dari pemilihan Pergantian Antar Waktu". Ungkap D. Sutedjo kepada jurnalis Nuansa Metro, Minggu (24/4/2022).

Foto : Kantor Desa Cilewo Kecamatan Telagasari Karawang.

Menurutnya, dengan disegerakannya Pemilihan pergantian antar waktu kepala desa, agar masyarakat dapat membangun desa bersama-sama dengan kepala desa baru.

"Sekali lagi, kami mendesak kepada pemerintah daerah kabupaten Karawang dan instansi terkait, agar setelah hari raya idul Fitri dengan segera melaksanakan untuk tahapan-tahapan pemilihan Pergantian Antar Waktu di desa Cilewo". Pungkasnya.

• NP