= Muhamad Sahrul, Sosok Peraih Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Pangan - Nuansa Metro

Muhamad Sahrul, Sosok Peraih Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Pangan


Foto : Muhamad Sahrul saat menerima penghargaan sebagai juara 1 pemuda pelopor bidang pangan 

www nuansametro.co.id - Bekasi
Pemilihan Pemuda pelopor Kabupaten Bekasi tahun 2022 sukses digelar Dinas Kebudayan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi pada tanggal 28-29 Maret 2022. Bidangnya pun dibagi 5, Bidang pendidikan, sosial dan budaya, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, pangan, teknologi.

Salah satu peraih Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Pangan Adalah Muhamad Sahrul, Ia juga sebagai Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.

Mengenal sosok Muhamad Sahrul yang biasa disapa Arul ini, dia kelahiran tanggal 14 mei tahun 2000. Memulai berinovasi dan senang melakukan hal baru di bidang pangan dan ekonomi sejak tahun 2019, diawali dengan bergabungnya ia dengan Badan Usaha Milik Desa Lambangsari.

Saat dikonfirmasi media ini, Muhamad Sahrul menjelaskan, kesenangan ia berinovasi dibidang pangan dan ekonomi, terinspirasi oleh seorang direktur Bumdes Lambangsari yang bernama Yuan Ridwan. 

Dia sangat cerdik dalam melaksanakan sistem perekonomian, terutama di bidang bisnis.

“Dengan bergabungnya saya pada bumdes Lambangsari, saya terus Aktif dan termotivasi melakukan hal-hal Kreatif di bidang bisnis” ujar Sahrul, Sabtu (2/4/2022).

Keaktifannya saat ini merupakan bentuk pengamalan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, yakni rajin, terampil, dan gembira.

Menurut Sahrul, banyak hal yang bisa dia dapatkan dari membangun ekonomi kreatif dan menggali potensi  di desa tersebut, salah satunya ilmu berwirausaha dan setelah lulus nanti tidak terlalu pusing untuk mencari kerja, karena sudah memiliki bekal usaha.

Bersama dengan beberapa Karang Taruna setempat, yang dipelopori dirinya membuat cemilan atau jajanan yang dinamakan Keripik Sukun (Pikkun). 

“Desa Lambangsari ini memiliki banyak pohon sukun sampai berjatuhan, namun tidak dimanfaatkan dengan baik, makannya muncullah inovasi cemilan Keripik Sukun ini,” katanya.

Keripik Sukun inilah yang membawa Muhamad Sahrul menjadi pemuda pelopor kabupaten Bekasi bidang pangan tahun 2022.

Dirinya berharap Pikkun (keripik Sukun) Inovasinya dijadikan oleh-oleh khas Kabupaten Bekasi dan membuat kabupaten Bekasi terkenal hingga dunia.

Laporan : Lukman NI