= Ketua Umum Forum Bumdes Jabar, Eman Suherman : "Kebersamaan Adalah Modal Utama Dalam Memajukan Forum" - Nuansa Metro

Ketua Umum Forum Bumdes Jabar, Eman Suherman : "Kebersamaan Adalah Modal Utama Dalam Memajukan Forum"


Foto : Dari kiri Kepala Desa Citali  Nana Mulyana, Ketua Forum Jabar Eman Suherman, Sekum Forum Jabar Dimas Insany, Sekrtaris 2 Otong Sutisna, Ketua Asosiasi Forum Garut Deden.

www.nuansametro.co.id - Bandung 
Dalam rangka menyatukan persepsi dengan seluruh jajaran koordinator dan seluruh pengurus Forum Bumdes se Jawa Barat. Ketua Umum Forum Bumdes Jawa Barat Eman Suherman S.Pd.I dalam sela- sela kunjungannya di Forum Bumdes Kabupaten Sumedang saat menyelenggarakan Gembrong Liwet, menuturkan, kebersamaan adalah modal utama dalam memajukan forum.

"Banyak para inisiator lahirnya Forum Jabar yang sudah meninggalkan kita semua, namun kita wajib mengenang perjuangan mereka,” ucap Eman.

Menurut Eman, lahirnya Forum Bumdes Jabar ini bukan hanya tenaga dan pikiran, bahkan materi secara pribadi pun banyak di keluarkan, sekarang tinggal berbenah diri dan memajukan program yang sudah masuk dengan membantu pemerintah provinsi jabar, 

"Sebenarnya, kedatangan kami dari Forum Jabar selain tamu undangan dari panitia acara Tradisi Gembrong Liwet ini juga acara Rapat koordinasi. Jadi sekalian saja, karena kebetulan Forum Bumdes Sumedang juga salah satu pengurus Inti dari forum Bumdes Jabar,”ujarnya.

Foto : Ika Wartika salah satu panitia Gembrong Liwet yang juga ketua Forum Bumdes Kabupaten Sumedang.

"Momen ini kami jadikan bukti kebersamaan kita, dalam merumuskan semua program dan juga menampung aspirasi dari semua koordinator yang ada di jawa barat ini,"  tambahnya.

Saat nuansametro.co.id mempertanyakan terkait tradisi Gembrong Liwet, Eman mengungkapkan, bahwa tradisi ini perlu di pertahankan. Event Gembrong Liwet ini mengingatkan kita semua, bahwa kebersamaan itu mudah walau susah di laksanakan. 

"Keterbatasan waktu maupun materi yang harus di keluarkan, namun perjuanganlah yang harus di laksanakan dan niat dalam setiap langkah untuk sebuah kemajuan,” ucapnya mengakhiri. 
 
Sementara di tempat terpisah Ika Wartika salah satu paniti Gembrong Liwet yang juga ketua Forum Bumdes Kabupaten Sumedang saat dikonfirmasi, mengatakan, pihaknya merasa bahagia, hal ini bisa terlaksana dengan baik. 

"Tiga even kami selenggarakan dalam satu hari, tidak ada pejabat, tidak ada masyarakat semua hadir menjelang bulan Suci Ramadhan ini. Pelaksanaan Gemrong Liwet sekarang sudah di hak patenkan, Rakor Pengurus Forum Bumdes bisa di selesaikan, dan yang lebih penting masyarakat  Desa Citali bisa makan bareng dengan para pejabat daerah,"  Ucap Ika walau dalam posisi tangan di infus berapi- api. 

Mengakhiri perbincangannya, Ika mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh tamu undangan dan juga masyarakat Desa Citali yang telah menghadiri dan juga supportnya hingga acara Gembrong Liwet bisa terlaksana. 

Laporan : Dispi /Ar