= Kegiatan Rutin di Bulan Ramadhan, DPC BMI Kabupaten Karawang Berbagi Takjil Gratis Kepada Warga - Nuansa Metro

Kegiatan Rutin di Bulan Ramadhan, DPC BMI Kabupaten Karawang Berbagi Takjil Gratis Kepada Warga



Foto : Ketua DPC BMI Kabupaten Karawang, H. Slamet Djayusman saat bersama pengurus berbagi takjil.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Dewan Pimpinan Cabang Banteng Muda Indonesia Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan sosial yang bertemakan " Banteng Ngabuburit Berbagi Takjil " yang dilaksanakan di di depan kantor DPC PDIP Kabupaten Karawang, menjelang waktu umat Islam berbuka puasa di bulan suci Ramadhan 1443 H, Minggu (17/4/2022).

Disampaikan oleh Ketua DPC BMI Karawang H. Slamet Djayusman dengan pelaksanaan kegiatan sosial DPC BMI Karawang berbagi takjil pada hari ini, untuk masyarakat yang melintas di depan gedung adanya suatu keterkaitan dengan nafasnya perjuangan dengan DPC PDIP Karawang.

"Ini momentum yang tepat bagi kami, khususnya DPC BMI Karawang Badan sayap dari partai PDI Perjuangan guna untuk meningkatkan lagi rasa kepedulian sosial kita terhadap sesama, dalam rangka memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia, setiap amal perbuatan baik yang dilakukan didalamnya akan dibalas dengan pahala yang lebih serta paling subur untuk menanam segala benih kebaikan." Ucap H. Slamet Djayusman yang biasa di sapa Jenderal ini.
 
Jenderal menambahkan, bahwa hal ini sudah menjadi agenda rutin tahunan yang dilakukan oleh DPC BMI Karawang, sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap lingkungan masyarakat sekitar kantor maupun di luar kantor DPC PDI Perjuangan Karawang, karena menurut hadits, Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah dengan berlimpahnya berbagai macam pahala di dalamnya.

Salah satu pahala yang besar adalah memberi makan buka puasa kepada orang yang menjalankan puasa ketika tiba waktu buka puasa. 

Sebagaimana sering kita ketahui, bagi mereka yang sedang dalam perjalanan atau kegiatan lain yang tak memungkinkan mereka untuk berbuka di rumah, disunnahkan untuk segera membatalkan puasa.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِمْ ، مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi, Ibn Majah)

Dengan merujuk pada hadis tersebut, kami menjalankan untuk menyediakan ifthar bagi orang lain secara cuma-cuma, tanpa mengharap apapun selain pahala dari Allah SWT. Pada dasarnya, memberi makanan pada siapapun yang membutuhkan termasuk salah satu bentuk sedekah. 

Dan bagi mereka yang melakukannya dijanjikan sebagai ashabul maimanah, ahli surga, sebagaimana firman Allah dalam Surat Al Balad ayat 14:

أَوْ إِطْعَامٌ فِي يَوْمٍ ذِي مَسْغَبَةٍ

“atau memberi makan pada hari kelaparan”

Pahala tersebut berlaku secara umum bagi siapapun yang melakukannya, tanpa melihat latar belakang orang yang diberi sedekah. Ini sesuai dengan hadis “berilah makan dan tebarkanlah salam pada orang yang kau kenal dan tidak kau kenal” (Muttafaq ‘alaih).

Slamet Djayusman pun memberikan ucapan terima kasih kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Taufik Ismail S.Sos dan Sekertaris DPC PDIP Karawang Natala Sumedha SE.Ak yang telah mensupport dan mendukung dengan kegiatan yang dilaksanakan kali ini, dan tak lupa kepada keluarga besar BMI Karawang yang tak kenal lelah terus berjuang sehingga berjalan dengan lancar pada hari ini

"Semoga bantuan dan support yang terlibat di dalam kegiatan ini menjadi ladang amal kebaikan kita semua dan menjadi pemicu untuk keluarga besar BMI Karawang dan masyarakat khususnya." Tandasnya.

Laporan :  Oya