= Gusti Benowo Berharap Perusak Situs Cagar Budaya di Tindak Tegas Secara Hukum - Nuansa Metro

Gusti Benowo Berharap Perusak Situs Cagar Budaya di Tindak Tegas Secara Hukum


Foto : Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati Benowo saat diwawancarai.

www.nuansametro.co.id - Boyolali
Menyikapi maraknya pengrusakan-pengrusakan brutal dan banyaknya bangunan liar tidak berijin di kawasan cagar budaya Karaton Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H Adipati Benowo, Pengageng Pariwisata & Museum Karaton Surakarta Hadiningrat pun melakukan sidak ke Benteng Karaton Kartasura (Benteng Mataram) atas adanya laporan pengrusakan situs Cagar Budaya.

Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati Benowo, Putera Raja S.I.S.K.S Pakubuwono XII yang biasa dipanggil dengan nama Gusti Benowo yang telah dilantik oleh S.I.S.K.S Pakubuwono XIII sebagai Pengageng Pariwisata & Moseum. 

Yaitu pejabat yang berwenang mengurusi makam raja-raja, tanah - tanah Karaton, pesanggrahan dan bangunan - bangunan Karaton, Alun - Alun, Museum dan juga pergelaran Kebudayaan Adat Karaton.

Gusti Benowo saat dikonfirmasi wartawan, mengatakan akan segera bertindak tegas atas perilaku kurang ajar dan tidak bertanggung jawab terkait pengrusakan Benteng Karaton Kartasura dan bangunan lain, yang sebagai situs cagar budaya milik Karaton termasuk penertiban bangunan - bangunan liar yang tidak berijin tanpa sertifikat legalitas dari Karaton Surakarta Hadiningrat.

Gusti Benowo yang merupakan Ketua Umum Yayasan Damar Kedaton Nusantara (DKN), untuk sesegera mungkin akan melakukan koordinasi dengan pejabat pemerintah RI dan BPCB Jawa Tengah, termasuk pelaporan kepada pihak kepolisian tentang hal tersebut diatas.

Beliau juga akan meminta perhatian pemerintah pusat atas keseriusannya dalam melestarikan dan menyelamatkan cagar budaya dan juga bangunan bangunan Karaton Surakarta Hadiningrat secara kongkret dan nyata.

"Tidak hanya berhenti wacana dan rencana-rencana, yang kemudian dilempar pada publik sehingga dapat menyebabkan keributan yang tidak perlu," ucap Gusti Benowo.

• Oya