= Walikota Binjai Diduga AcuhkanPanggilan Ombudsman Perwakilan Sumut Terkait Penyerahan LHAP - Nuansa Metro

Walikota Binjai Diduga AcuhkanPanggilan Ombudsman Perwakilan Sumut Terkait Penyerahan LHAP


Foto : Walikota Binjai Amir Hamzah

www.nuansametro.co.id - Sumut
Diatur dalam peraturan Ombudsman pada pasal 25 no 48/2020 tentang perubahan atas peraturan ombudsman no 26/2017 tentang tata cara penerimaan pemeriksaan dan penyelesaian laporan, adalah keseluruhan hasil pemeriksaan laporan yang memuat identitas pelapor dan terlapor dan dugaan maladministrasi 
uraian laporan (kronologi) hasil pemeriksaan, telah dilakukan (baik berupa permintaan keterangan /klarifikasi penjelasan maupun investigasi dan kesimpulan ditemukan malminitrasi dan tidak ditemukan. 

Kewajiban terlapor maupun instansi terkait melaksanakan tindakan korektif pada LAHP Ombudsman juga menjadi cerminan seberapa patuh dan terbukanya instansi penyelenggara,  dalam menerima evaluasi yang akan jadi dasar memperbaiki penyelenggaraan layanannya. 
 
Amir Hamzah Walikota Binjai selaku pejabat pembina kepegawaian diminta hadir pada hari Selasa (14/03/2022),  kehadiran walikota tidak boleh diwakilkan karena keterangan soal Adri Rivanto itu mesti dijelaskan langsung oleh walikota selaku pejabat pembina kepegawaian. 

Walikota Binjai sepatutnya hadir dalam panggilan Ombudsman perwakilan Sumut perihal penyerahan LAHP terkait hasil akhir pemeriksaan Ombudsman atas pengaduan Tiur Wahyuni Zulyanti  terhadap Adri Rivanto oknum ASN yang saat ini bertugas dibagian pemerintahaan kota Binjai yang telah menelantarkannya selama belasan tahun. 
 
Abyadi Siregar melalui asisten pemeriksaan yang menangani perkara telah mengabari Tiur Wahyuni Zulyanti  pada hari Selasa (15/03/2022) perihal undangan LAHP yang diterima Walikota Binjai. 

Namun disayangkan justru ketidakhadiran Amir Hamzah diwakilkan ke Plt BKD Rahmad Fauzi Salim yang bukan kewenangan perihal undangan. Sehingga pihak Ombudsman perwakilan Sumut kembali akan memberikan penyerahan LAHP kembali pada hari Jum'at (18/03/2022) besok ke Walikota Binjai Amir hamzah. 

Laporan : Anton Garingging