= Sektor 3 Satgas Citarum Harum Gunakan BIOS 44 DC untuk Meningkatkan Ekosistem Sungai Citarum - Nuansa Metro

Sektor 3 Satgas Citarum Harum Gunakan BIOS 44 DC untuk Meningkatkan Ekosistem Sungai Citarum


Foto : Satgas Citarum Harum Sektor 3 saat melakukan penyiraman cairan Bios 44 DC di Kampung Wanir RT 03 RW 05 Desa Maruyung Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung.

www.nuansametro.co.id - Bandung
Satgas Citarum Harum Sektor 3 melakukan penyiraman cairan Bios 44 DC di Kampung Wanir RT 03 RW 05 Desa Maruyung Kecamatan Pacet 
Kabupaten Bandung. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dilakukan untuk menjaga kualitas air sungai Citarum agar dapat menjadi habitat ikan air tawar.

Cairan Bios 44 DC ini sengaja disiramkan ke aliran sungai Citarum, untuk memperbaiki baku mutu air. Mengingat air sungai Citarum adalah sumber kehidupan manusia dan menjadi kebutuhan masyarakat sekitar yang dekat dengan DAS Citarum. 

Hal ini adalah bagian dari upaya Sektor 3 untuk tetap melestarikan aliran air Sungai Citarum, selain menyiramkan cairan Bios 44, pihaknya sudah beberapa kali menabur benih ikan di aliran sungai Citarum. Hal ini seiring dengan adanya peningkatan kualitas air sungai Citarum dari pencemaran limbah pabrik. 

Ikan sudah mulai bisa hidup, dan sejumlah warga sudah sering terlihat mancing ikan di sungai Citarum. Hal ini membuktikan, ekosistem di aliran sungai Citarum mulai perlahan-lahan membaik.

"Saya harap dengan upaya kami ini, masyarakat bisa terpanggil untuk bersama-sama menjaga dan saling mengingatkan satu sama lain tentang pentingnya air sungai Citarum, yang berkualitas dan dapat digunakan sebagai sumber kehidupan di kemudian hari"  ucap Dansektor 3 Citarum Harum kolonel Arh Roby N Simanjuntak, S.I.P. 

Laporan :  Purwadhi-JSI